Mengapa Urat Terlihat Nyembul di Kulit? Ini Penyebabnya!

Urat Terlihat Nyembul di Kulit? Ini Penyebabnya!

Akurasi.id – Urat terlihat nyembul di kulit bukanlah fenomena yang aneh. Toh, malah beberapa orang ingin memperlihatkan urat-uratnya yang menyembul bersama dengan otot. Tubuh jadi terlihat kekar, bukan?

Umumnya, urat terlihat nyembul di kulit tidak berbahaya. Akan tetapi, beberapa orang bisa khawatir saat melihatnya. Mengapa urat bisa menyembul atau menonjol di kulit? Inilah beberapa penyebab utamanya. Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (18/09/2021).

  1. Bertubuh kurus dan berkulit cerah

Dilansir New Health Advisor, penyebab pertama adalah karena warna kulit yang cerah atau pucat. Selain itu, tubuh yang kurus memiliki sedikit lemak, sehingga urat pun lebih terlihat.

Dalam beberapa kasus, urat sering kali tampak jika letaknya terlalu dekat dengan kulit. Ini bisa terlihat pada urat di kaki, pembuluh darah yang bertugas mengangkut darah ke jantung.

  1. Berolahraga intens

Olahraga seperti mengangkat beban berat memang bertujuan untuk membentuk otot. Aktivitas angkat beban dapat memengaruhi ukuran dan kepadatan otot yang mengekar di sekitar urat. Hasilnya, urat pun jadi terlihat menonjol meski tubuh sedang relaksasi.

Di satu sisi, olahraga ini memberi tekanan pada urat sehingga kaku dan menyembul di kulit. Selain itu, otot yang dilatih akan membutuhkan oksigen lebih banyak, sehingga urat jadi terlihat lebih besar dan menyembul ke permukaan kulit

  1. Gaya hidup pasif dan cuaca panas

Dilansir Healthgrades, gaya hidup pasif dapat membuat urat menonjol di kulit. Jadi, aktivitas yang membuatmu berada di satu posisi yang sama, seperti duduk atau berdiri, dalam waktu yang lama bisa bikin urat menyembul di bawah kulit.

Selain itu, cuaca pun dapat memengaruhi tampilan urat di kulit. Saat cuaca panas, sistem vaskular dipicu untuk bekerja lebih keras. Hasilnya, urat jadi tampak menonjol.

  1. Penuaan

Seiring usia menua, urat jadi lebih terlihat di kulit. Ini karena lapisan lemak di bawah kulit menipis. Urat akan lebih terlihat pada lansia yang sebelumnya adalah seorang perokok.

Selain itu, penuaan menyebabkan keausan pada katup pembuluh darah yang mengontrol aliran darah. Hasilnya, darah jadi menumpuk di pembuluh darah, bukannya mengalir ke jantung.

  1. Efek samping pengobatan

Percayakah kamu kalau obat-obatan bisa membuat kulit lebih tipis? Nyatanya, begitu adanya. Obat tersebut adalah steroid. Jika urat terlihat menyembul di kulit dan kamu sedang mengonsumsi obat-obatan steroid, kemungkinan itu merupakan efek samping dari obat tersebut.

Konsumsi steroid berlebihan dapat menyebabkan sindrom Cushing, sehingga gejala urat muncul di kulit dapat diartikan sebagai gejalanya.

  1. Kehamilan

Selain perut yang membesar, urat di tubuh ibu hamil juga ikut membesar. Ini karena volume darah bertambah 20-40 persen seiring waktu untuk mengantarkan nutrisi ke bayi.

Selain peningkatan volume darah, perubahan hormon pada ibu hamil juga menyebabkan urat menyembul. Untungnya, setelah persalinan, kondisi ini akan mereda.

Umumnya, ibu menyusui juga dapat melihat urat timbul di kulit payudara. Namun, lagi-lagi, kondisi sifatnya hanya sementara.

  1. Jenis kelamin dan riwayat keluarga

Dilansir Mayo Clinic, perempuan lebih sering melihat urat timbul di kulit. Kenapa? Karena perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, dan menopause. Perawatan hormon seperti pil kontrasepsi juga dapat menyebabkannya.

Selain jenis kelamin, faktor lainnya yang turut berperan adalah riwayat keluarga. Bila ada anggota keluarga yang juga mengalaminya, kemungkinan besar kamu juga akan mengalami hal yang sama.

  1. Varises

Urat yang menyembul di kaki umumnya disebabkan oleh gangguan varises. Umumnya, varises lebih sering menyerang kaum hawa. Beberapa gejala umum varises mencakup:

  • Sensasi nyut-nyutan, nyeri, kesemutan, terbakar, atau kram di kaki
  • Kelelahan
  • Gelisah
  • Kaki bengkak
  • Muncul bisul di kaki
  • Kulit di pergelangan kaki berubah gelap
  • Gumpalan darah dan inflamasi pada pembuluh vena (tromboflebitis)

Umumnya, gejala rasa sakit karena varises dapat dikurangi dengan mengangkat kaki atau memakai kaos kaki penyangga khusus varises.

  1. Penyebab lain munculnya urat di kulit

Selain faktor-faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya, urat yang menonjol dan terlihat jelas di kulit dapat disebabkan oleh hal-hal lainnya, seperti:

  • Tumor dan/atau kelebihan massa perut
  • Pembekuan darah atau trombosis
  • Kelainan struktur katup di pembuluh darah
  • Tromboflebitis

Meski jarang, tumor dan infeksi dapat membuat urat timbul karena memberikan tekanan pada pembuluh darah tersebut. Dalam beberapa kasus, urat yang menonjol di kulit dapat menjadi gejala gangguan serius yang fatal, seperti:

  • Trombosis
  • Infeksi
  • Tumor

Kapan harus ke dokter?

Itulah beberapa penyebab umum di balik urat yang timbul di permukaan kulit. Memang, sebagian penyebabnya tidak berbahaya. Namun, baiknya ini tidak disepelekan, khususnya bila disertai tanda dan gejala lainnya seperti:

  • Pendarahan karena cedera pada urat
  • Sensasi tertarik atau sakit di kaki
  • Terlihat ruam pada kulit
  • Kemerahan, kehangatan atau pembengkakan di kaki
  • Kulit di pergelangan kaki atau betis menebal dan berubah warna
  • Luka atau borok di kulit kaki atau pergelangan kaki

Jika tidak segera ditangani, menyembulnya urat di permukaan kulit dapat menyebabkan sejumlah komplikasi seperti borok pada kulit yang terdampak, trombosis, dan pendarahan yang dapat berpotensi fatal. (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *