Tips menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi COVID-19

Tips menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi COVID-19

Tips menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi COVID-19

Olahraga merupakan salahsatu tips menjaga kesehatan mental. (photo/pixabay/jeviniya)

Akurasi.id – Pandemi COVID-19 tak hanya berbahaya bagi fisik, namun juga berdampak negatif pada kesehatan mental. Karena itu perlunya kita mengetahui tips menjaga kesehatan mental

Pembatasan kegiatan dan situasi darurat yang terus-menerus terjadi, membuat sebagian besar masyarakat rentan stres. Agar tak berujung menjadi depresi, ada beberapa tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi yang bisa diterapkan dengan mudah.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Berikut ini dilansir dari Indozone.id, Selasa (13/07/2021) kami bagikan tips dan cara menjaga kesehatan mental di masa pandemi COVID-19.

  1. Menulis

Menjaga kesehatan mental dengan menulis bisa jadi pilihan yang tepat. Menulis berperan penting untuk menuangkan emosi negatif yang sedang kamu rasakan. Gerakan tangan saat menulis juga dapat mengurangi stres dan membuat pikiran lebih rileks. Bukan itu saja, menulis pun bisa menstimulasi otak sehingga kreativitas meningkat.

  1. Meditasi

Cara menjaga kesehatan mental juga bisa dilakukan dengan meditasi. Meditasi bermanfaat untuk mengendalikan emosi, mengontrol rasa cemas, dan melawan depresi. Meditasi juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga bisa meredakan stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Cara meditasi pun mudah, cukup duduk dan atur pernapasan perlahan selama 10-30 menit, di waktu dan tempat yang tenang.

  1. Olahraga

Tips menjaga kesehatan mental berikutnya yaitu dengan rutin berolahraga. Olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit dan meredakan stres. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah yaitu yoga, squat, lompat tali, dan badminton. Aktivitas fisik lainnya yang juga bermanfaat seperti olahraga yakni memasak, berkebun, dan membersihkan rumah.

  1. Konsumsi makanan sehat

Kesehatan mental bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Agar kesehatan mental tetap terjaga, konsumsilah makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, makanan laut, daging, kacang-kacangan, serta susu. Hindari makanan cepat saji, makanan tinggi lemak, makanan terlalu manis atau terlalu asin, dan minuman alkohol. Karena selain bisa mengganggu kesehatan mental, makanan yang tidak sehat juga dapat menurunkan imunitas sehingga tubuh mudah terinfeksi COVID-19.

  1. Menjalin komunikasi

Kesepian sangat berbahaya bagi kesehatan mental karena bisa menimbulkan rasa sakit fisik, gangguan tidur, bahkan kematian dini. Salah satu cara menjaga kesehatan mental di masa pandemi adalah dengan menjalin komunikasi dengan orang terdekat. Hubungilah keluarga, sahabat, teman, atau teman kerja melalui pesan singkat, telepon, atau video call. Kamu bisa saling berbagi cerita atau kekhawatiran untuk meringankan beban pikiran.

Itulah beberapa car menjaga kesehatan mental di masa pandemi COVID-19 agar tidak mudah stres dan depresi. Semoga bermanfaat! (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.