Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Akurasi.id – Ada beragam masalah penyebab rambut rontok, mulai dari masalah kekurangan vitamin, stres hingga faktor usia. Buat kamu yang sudah mengalami tanda-tanda kerontokan, seperti rambut yang terlepas saat kamu keramas, yuk coba cegah dan obati! Mau tahu tips mengatasi rambut rontok?

Kalau kamu masih ragu-ragu menggunakan produk-produk perawatan rambut kimiawi, kamu bisa loh menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (01/10/2021) berikut rekomendasi 11 tips mengatasi rambut rontok secara alami dan tentunya ampuh untuk di coba!

  1. Minyak kelapa, bisa kamu oleskan sebelum atau sesudah keramas tergantung kondisi kulit kepalamu

Jika kamu punya kulit kepala berminyak, kamu bisa menggunakannya beberapa jam sebelum keramas. Minyak kelapa sudah dipercaya turun-temurun mengurangi rambut rontok. Gak hanya itu, juga bisa membuat rambutmu berkilau.

  1. Minyak pepermin, efektif meningkatkan pertumbuhan rambut dan biasa dijadikan obat kerontokan rambut

Dilansir dari US National Library of Medicine, minyak esensial pepermin meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut. Minyak ini pun berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut di dari dalam tubuh.

Itu karena minyak pepermin mengandung mentol yang membuat pembuluh darah membesar sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Kamu bisa usapkan langsung ke kulit kepalamu.

  1. Minyak jojoba, cocok untuk kamu yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut

Minyak jojoba berasal dari biji tanaman Zizyphus jujube. Dilansir dari studi Food and Chemical Toxicology, minyak jojoba yang diaplikasikan pada rambut yang dicukur akan mendorong pertumbuhan rambut lebih daripada rambut yang gak memakai minyak jojoba.

  1. Minyak esens bergamot, membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala tetap sehat

Dilansir dari Wiley Online Library, minyak esens bergamot berguna untuk menyembuhkan luka dan mengurangi peradangan. Selain itu, juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala tetap sehat. Kamu cukup aplikasikan ke kulit kepalamu.

  1. Lidah buaya, efektif mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan

Lidah buaya sudah turun-temurun bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan. Pemakaiannya pun gampang, kamu tinggal mengupas lidah buaya dan gosok ke rambut, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.

  1. Minyak zaitun, efektif gak hanya untuk rambut rontok, tapi juga untuk rambut kering, bercabang dan mengembalikan warna alami rambut

Manfaat ini dapat kamu dapatkan dengan cara mengaplikasikannya ke rambut sembari dipijat dengan lembut. Lakukan saat malam hari dan bersihkan keesokan paginya.

  1. Minyak kemiri, gak hanya sebagai penyedap masakan, namun juga efektif untuk penyubur rambut, atasi kebotakan dan hitamkan rambut

Cara mendapatkan minyaknya, kamu hanya perlu membakar kemiri. Setelah itu, haluskan hingga mengeluarkan minyaknya. Minyak itulah yang bisa kamu gunakan untuk mengobati rambut rontok.

  1. Minyak urang-aring, berguna untuk mencegah rambut rontok, kering dan bercabang

Ambil sedikit daun utang-aring lalu rendam dalam air. Kamu bisa remas atau haluskan untuk mendapatkan minyaknya.

  1. Teh hijau juga cocok untuk menumbuhkan rambut botak dan gak menimbulkan efek samping

Seduh teh hijau dengan air hangat dan gunakan untuk membasahi kepala. Diamkan kurang lebih satu jam dan bilas dengan keramas.

  1. Jeruk nipis, cocok untuk mencegah rambut rontok dan menghilangkan ketombe

Cukup potong dan oleskan pada kulit kepala selama kurang lebih satu jam. Bilas sampai bersih.

  1. Bawang merah, berguna untuk menumbuhkan rambut rontok secara alami

Mudah saja, siapkan satu siung bawang putih lalu haluskan. Oleskan pada kulit kepala selama beberapa menit lalu bilas. Jangan terlalu lama atau kepalamu akan jadi bau.

Itulah 11 cara mengatasi rambut rontok secara alami dan ampuh. Tinggal kamu pilih mana yang cocok dan paling mudah kamu temukan. Cegah sebelum alami kebotakan ya! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.