Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Saat Pandemik

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Saat Pandemik

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum Saat Pandemik

Ilustrasi simbol toilet pria wanita (Pexels/Tim Mossholder)

Akurasi.id – Menggunakan toilet menjadi hal umum yang dilakukan semua orang dalam memuaskan ‘panggilan‘ alamnya. Hal ini jelas berbeda jika seseorang sedang berada di luar rumah, sehingga nembutuhkan toilet umum sebagai tempatnya. Tentunya menggunakan toilet umum di tengah pandemik seperti ini tidak bisa sembarangan dilakukan begitu saja.

Kamu harus ekstra waspada dalam melakukan beragam pencegahan agar menggunakan toilet umum secara mendesak dapat dilakukan dengan aman. Bila suatu saat nanti kamu harus ke toilet umum saat pandemik, jangan lupa untuk melakukan beberapa tips berikut ini. Dilansir dari idntimes.com, Jumat (23/07/2021)

1. Jangan lupa tetap kenakan masker

Di mana pun kamu berada saat sedang di luar rumah, masker menjadi hal wajib yang harus kamu jaga. Jangan lupa kenakan masker, bahkan saat kamu sedang di dalam bilik toilet sekalipun.

Penggunaan masker secara tepat dan bersih, dapat membantumu dalam meminimalisir risiko penularan. Kamu dapat melindungi dirimu dan juga melindungi orang lain.

2. Menjaga jarak saat mengantre

Menggunakan toilet umum tentunya sama dengan saling berbagi tempat dan giliran dengan orang lain. Tak heran bila kemudian kamu harus mengantre sebelum akhirnya dapat menggunakan toilet umum.

Dalam mengantre, jangan lupa untuk tetap menerapkan prokes berupa menjaga jarak satu sama lain dengan taat. Cara tersebut akan mampu meminimalisir risiko penularan karena tidak saling berdekatan dengan orang lain.

3. Menutup wc saat sedang flush

Flush merupakan tindakan saat kamu memencet tombol wc untuk menyiram secara otomatis. Hal seperti ini pun harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Sebelum melakukan flush, pastikan dirimu sudah menutup wc terlebih dahulu dengan rapat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan dari percikan air atau udara yang dapat berisiko terhirup atau terkena bagian tubuh.

4. Rajin mencuci tangan

Sebelum masuk toilet dan sesudahnya, mencuci tangan merupakan hal yang wajib. Jangan sepelekan kewajiban penting yang satu ini saat menggunakan toilet umum.

Setelah rajin mencuci tangan, kamu pun juga harus ekstra berhati-hati untuk tidak menyentuh bagian muka ataupun bagian tubuh yang lainnya. Hal ini dapat mengurangi risiko penularan secara maksimal.

5. Gunakan tisu daripada mesin pengering otomatis

Dalam penggunaan toilet umum ataupun wastafel cuci tangan, biasanya selalu ada tisu dan mesin pengering otomatis yang tersedia. Pada umumnya orang lebih menyukai mesin pengering otomatis karena lebih praktis dan mudah.

Meski demikian, namun sebaiknya hindari penggunaan mesin pengering karena partikel udaranya dapat menaikkan risiko penularan. Lebih baik gunakan tisu kering yang masih baru agar tanganmu bisa kering dan tetap bersih.

Dengan menaati tips dan peraturan yang tepat pada saat menggunakan toilet umum, maka kamu pun dapat memastikan keamanan dan menjalankan protokol kesehatan dengan tepat. Jangan sepelekan tips di atas, ya! (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.