Hati-Hati Telinga Berdenging Disertai Vertigo, Penyebab Meniere

Hati-Hati Telinga Berdenging Disertai Vertigo, Penyebab Meniere

Hati-Hati Telinga Berdenging Disertai Vertigo, Penyebab Meniere

Ilustrasi maniere. (halodoc.com)

Akurasi.id – Vertigo bisa muncul sebagai gejala penyakit tertentu, salah satunya penyakit meniere. Penyakit meniere terjadi karena ada kelainan pada telinga bagian dalam. Selain memicu pusing berputar alias vertigo, penyakit ini juga ditandai dengan gejala telinga berdenging atau tinnitus serta ada tekanan pada telinga.

Pada kondisi yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan pengidapnya kehilangan kemampuan pendengaran atau kemampuan pendengaran yang hilang timbul. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa berujung pada kehilangan pendengaran atau tuli permanen. Meski bisa menyerang siapa saja, penyakit ini disebut rentan terjadi pada usia 20-50 tahun.

Vertigo dan Gejala Penyakit Meniere Lainnya 

Penyakit meniere adalah gangguan yang terjadi pada kesehatan telinga. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan ada sensasi tekanan pada telinga. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah pusing berputar atau vertigo. Kondisi ini tidak boleh disepelekan, sebab merupakan penyakit serius yang bisa memicu komplikasi berbahaya, termasuk gangguan pendengaran.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab seseorang mengalami penyakit meniere. Namun, ada faktor yang dapat menyebabkan penyakit meniere seperti kelebihan cairan pada telinga dalam, gangguan sistem kekebalan tubuh, adanya infeksi virus yang menyerang bagian telinga, cedera kepala yang cukup serius, dan alergi.

Uniknya, penyakit meniere biasanya hanya menyerang satu telinga walaupun tidak menutup kemungkinan penyakit ini menyerang kedua telinga. Penyakit ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan pendengaran jika tidak segera ditangani dengan baik. Sebaiknya kenali gejala-gejala yang diakibatkan oleh penyakit meniere.

  1. Telinga Berdenging

Telinga berdenging dikenal juga dengan istilah tinnitus. Telinga berdenging menjadi gejala penyakit meniere meskipun kamu berada di tempat yang sepi. Telinga berdenging yang disebabkan karena penyakit meniere berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Parahnya, gejala ini bisa menyebabkan gangguan pada pendengaran kamu untuk sementara. Untuk mengurangi gejala ini, sebaiknya hindari tempat keramaian untuk sementara waktu.

  1. Vertigo

Penyakit meniere juga dapat menyebabkan pengidapnya mengalami vertigo atau kondisi saat merasakan lingkungan berputar atau melayang. Vertigo yang disebabkan oleh penyakit meniere biasanya terasa dalam waktu yang cukup panjang. Batasi pengonsumsian garam untuk mengurangi volume cairan yang tersimpan dalam tubuh. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengurangi konsumsi alkohol, kafein, dan rokok untuk mencegah vertigo karena penyakit meniere.

  1. Hilangnya Pendengaran

Seseorang yang mengalami penyakit meniere dapat kehilangan pendengarannya untuk sementara waktu. Biasanya, pendengaran yang dirasakan oleh pengidap penyakit meniere akan hilang dan muncul sebelum akhirnya pengidap bisa kehilangan pendengaran secara permanen.

  1. Tekanan pada Telinga

Pengidap penyakit meniere dapat merasakan tekanan pada telinga. Biasanya, pengidap merasakan sensasi telinga yang terasa penuh. Hal ini bisa disebabkan karena cairan yang berlebihan dalam telinga.

Penulis: Yusva alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.