7 Tanda Kolesterol Tinggi, Ketahui Gejalanya!

7 Tanda Kolesterol Tinggi, Ketahui Gejalanya!

Akurasi.id – Pada dasarnya kolesterol itu baik untuk tubuh, namun ada pula kolesterol jahat atau low-denisty lipoprotein (LDL). Ia memiliki peran yang berkebalikan dengan kolesterol baik. Makin tinggi kadar kolesterol jahat, makin tinggi pula risiko beberapa penyakit, seperti stroke, penyakit jantung koroner, serta tekanan darah tinggi. Ketahui beragam tanda kolesterol tinggi.

Jika tidak dimonitor dengan baik, tingkat kolesterol jahat dapat melejit tanpa kita sadari. Untungnya ada beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa terlihat dari tubuh kita. Apa sajakah itu? Simak berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (10/09/2021).

  1. Kaki dan tangan mati rasa atau bengkak

Pembengkakan kaki dan tangan bisa menjadi tanda berbagai macam penyakit. Sebagai contoh adalah diabetes, hipertiroidisme, dan lain-lain. Namun, ternyata kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda awal dari tingginya kadar kolesterol jahat di tubuh kita.

Dilansir Gotta Check This, makin tinggi kolesterol, makin tebal penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya, penyebaran oksigen dan nutrisi pun terhambat. Khususnya pada tangan dan kaki yang cukup jauh dari jantung.

  1. Sakit kepala

Tanda berikutnya adalah seringnya muncul rasa sakit pada kepala. Ketika kadar kolesterol kian meningkat, penyumbatan pun bisa terjadi di pembuluh arteri.

Sirkulasi oksigen ke otak pun terganggu. Akibatnya, kita akan terus merasa pusing dan sakit kepala. Bahkan, sebagian orang akan pingsan karena hal ini.

  1. Dada terasa sesak

Jika sudah parah, kemungkinannya kamu akan merasakan sesak pada dada. Sering kali hal ini dibarengi dengan rasa terbakar, perih, dan panas.

Dilansir Verywell Health, ini merupakan tanda bahwa kolesterolmu telah menguasai pankreas. Jika tidak segera ditangani dengan baik, hal ini akan memicu penyakit batu empedu.

  1. Napas berbau tidak sedap

Bau mulut atau halitosis juga merupakan tanda yang umum dimiliki oleh orang dengan kolesterol tinggi. Kenapa hal ini bisa terjadi? Dilansir Health Central, biasanya kolesterol tinggi disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak terlalu banyak.

Untuk mengubahnya menjadi energi, tubuh harus melakukan ketosis. Proses tersebut mengeluarkan gas yang akhirnya membuat napas bau tak sedap.

  1. Merasa kelelahan

Tubuh yang lemas dan terasa lelah biasanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Ini dapat terjadi ketika kamu kelebihan kadar kolesterol jahat.

Pembuluh darah yang tersumbat oleh zat tersebut akhirnya tidak bisa mendistribusikan nutrisi dengan baik ke seluruh tubuh. Akhirnya, tubuh pun akan terasa lemah. Bahkan, terkadang sampai sulit untuk beraktivitas.

  1. Penglihatan terganggu

Menurut studi dari State University of New York College of Optometry, Amerika Serikat, kadar LDL yang tinggi memiliki konsekuensi pada kesehatan mata kita. Ada beberapa masalah yang ditimbulkan. Kondisi-kondisi tersebut sering kali dialami ketika tingkat kolesterol sudah kronis.

Pertama, kornea akan tertutup oleh cincin tipis yang terbuat dari lemak. Kedua, kolesterol juga akan menyebabkan pembengkakan kulit di dekat hidung dan mata. Ini akan mengganggu penglihatan kita. Sementara yang ketiga, penyumbatan arteri karena kolesterol juga akan mengganggu kerja retina dalam menangkap bayangan.

  1. Napas tersengal-sengal

Kadar kolesterol tinggi juga bisa ditandai dengan terganggunya pernapasan. Kita akan merasa tersengal-sengal karena napas menjadi pendek-pendek. Dilansir Everyday Health, ini terjadi karena pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol jahat.

Sebenarnya semua tanda yang disebutkan di atas tidak selalu terjadi. Sering kali, kolesterol tinggi tidak menampakkan tanda apa pun.

Maka dari itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dengan begitu, kita bisa tahu bagaimana tingkat kolesterol tubuh dan segera mendapatkan penanganan. (*)

Editor: Yusva Alam

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.