Panduan Merayakan Lebaran Sehat di Tengah Pandemi Corona

Panduan Merayakan Lebaran Sehat di Tengah Pandemi Corona

Panduan merayakan lebaran di tengah kondisi seperti saat ini memang perlu dipelajari oleh setiap orang. Sebaiknya tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Mulai dari menahan diri untuk tidak mudik hingga tindakan konsumtif di tengah keramaian.

Intip Panduan Merayakan Lebaran dengan Aman

Merayakan lebaran di tengah pandemi memang menjadi sebuah tantangan. Banyak hal atau keinginan yang harus ditahan karena keadaan ini. Seperti halnya ritual mudik atau pulang kampung yang biasa dilakukan setiap tahun ketika lebaran.

Lalu menahan diri untuk tidak berbelanja di lokasi ramai sehingga menimbulkan keramaian. Berikut ini beberapa panduan atau tips untuk merayakan hari raya di tengah pandemi.

Menghindari Malam Takbir

Maksud dari menghindari di sini adalah tidak mendatangi kerumunan untuk merayakan kemenangan dengan takbir. Akan tetapi, lebih baik merayakan takbir di rumah bersama dengan keluarga. Masjid di sekitar rumah tentunya menggemakan takbir lewat pengeras suara. Sehingga tetap bisa bertakbir meskipun hanya di rumah.

Menjaga Jarak Saat Shalat Idul Fitri

Panduan merayakan lebaran selanjutnya adalah menjaga jarak. Seperti hari raya sebelum-sebelumnya. Shalat Idul Fitri biasa dilakukan secara berjamaah, baik itu di masjid maupun tanah lapang. Sebelum mengikuti shalat Idul Fitri, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seperti berwudhu dari rumah, sehingga tidak menimbulkan kerumunan di lokasi. Gunakan masker sesuai dengan standar. Jaga jarak dengan jamaah lain serta gunakan alat ibadah pribadi.

Tidak Berjabat Tangan Langsung

Salah satu media penularan Covid-19 adalah dengan berjabat tangan. Oleh sebab itu, hindari untuk melakukan jabat tangan dengan orang lain. Jabat tangan bisa diganti dengan senyuman dan salam yang berjarak.

Jangan mengobrol terlalu lama yang bisa menyebabkan kerumunan. Selain menjaga diri dan keluarga, mempelajari panduan merayakan lebaran dengan menjaga jarak juga menjadi pemutus penyebaran Covid-19.

Silaturahmi Melalui Media Sosial

Ketika tradisi mudik dilarang, bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh atau di kampung halaman bisa memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Salah satunya adalah smartphone.

Manfaatkan aplikasi yang bisa menghubungkan dengan keluarga melalui video call. Sehingga meskipun tidak pulang kampung tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga jauh. Sesuai dengan aturan pemerintah tentang panduan merayakan lebaran.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *