Kenali 7 Penyakit Jantung Paling Sering Terjadi

Kenali 7 Penyakit Jantung Paling Sering Terjadi

Akurasi.id – Penyakit yang menyerang jantung adalah salah satu penyakit yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat. Bagaimana tidak, ia mengancam organ paling krusial di tubuh kita. Sekali saja serangan datang, nyawa menjadi taruhannya. Berikut jenis penyakit jantung paling sering terjadi.

Kebanyakan orang menyebutnya sebagai penyakit jantung atau kardiovaskuler. Padahal sebenarnya terdapat berbagai macam jenis dari penyakit tersebut. Namun benar bahwa pada umumnya dampak yang ditimbulkan sama-sama parah.

Berikut ini tujuh jenis kelainan penyakit jantung yang paling sering terjadi beserta dengan penjelasannya. Cek selengkapnya di bawah ini ya! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (27/08/2021).

  1. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner adalah jenis kelainan yang paling umum terjadi. Data dari Center for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa setidaknya 370 ribu orang meninggal karenanya setiap tahun.

Kelainan ini terjadi karena adanya penyempitan atau bahkan penutupan pembuluh darah koroner. Akhirnya, aliran darah kaya oksigen ke otot jantung pun terganggu. Penyempitan biasanya disebabkan oleh plak yang mengandung kolesterol. Jika hal ini dibiarkan terus terjadi, serangan jantung akan sulit untuk dihindari.

  1. Gagal jantung

Nama gagal jantung sendiri sering kali membuat orang ngeri. Sebenarnya hal ini bukan berarti jantung kita gagal atau tidak bekerja. Namun gagal jantung terjadi ketika organ tersebut tidak bisa memompa darah dengan maksimal.

Dampaknya, air dan garam di dalam pembuluh pun menumpuk sehingga napas kita menjadi pendek-pendek. Kondisi seperti jantung koroner dan tekanan darah membuat seseorang lebih rentan mengalami gagal jantung. American Heart Association memprediksi di tahun 2030 nanti, jumlah penderita penyakit ini meningkat sebanyak 46 persen.

  1. Penyakit katup jantung

Kamu pasti pernah memelajari bahwa jantung manusia terdiri dari empat ruangan. Di antara setiap ruang, terdapat empat katup yang berfungsi menyekat dan menyalurkan darah ke dalam atau ke luar jantung.

Ternyata katup tersebut juga bisa mengalami gangguan. Ketika mereka tidak bisa menutup dengan rapat, aliran darah pun tidak bisa berjalan dengan normal. Dampaknya, penderita akan mengalami sesak napas, dada terasa sakit, pening, dan pembengkakan pada kaki serta perut. Namun sering kali, penyakit ini tidak menimbulkan gejala karena terjadi secara perlahan.

  1. Penyakit jantung bawaan

Berbeda dengan kelainan lain yang biasanya disebabkan oleh gaya hidup, penyakit ini biasanya dibawa penderitanya sejak lahir. Pada umumnya disebabkan oleh adanya ketidaknormalan kondisi jantung.

Data dari WebMD menunjukkan bahwa setidaknya delapan dari seribu anak mengalaminya. Sering kali gejala tidak akan tampak sampai si penderita beranjak dewasa. Biasanya kondisi ini mengakibatkan bocornya ruang atau sekat jantung.

  1. Aritmia

Tahukah kamu berapa kali jantung kita berdetak dalam sehari? Dalam semenit saja, detak jantung kita mencapai 60 hingga 100 kali. Jadi dalam waktu 24 jam, organ menakjubkan tersebut menghasilkan denyutan  hingga 100.000 kali.

Kamu harus bersyukur jika keadaan tersebut berlaku padamu. Sebagian orang mengalami ketidaknormalan detak jantung atau yang sering disebut sebagai aritmia. Detakan yang dihasilkan bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Medical News Today mengatakan bahwa aritmia terjadi karena impuls elektrik di dalam jantung yang mengatur detakan tidak bekerja dengan baik. Ketidaknormalan dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

  1. Kardiomiopati

Kardiomiopati adalah penyakit yang ditunjukkan dengan adanya kelainan pada otot jantung atau miokardium. Penderitanya mengalami pembengkakan otot sehingga jantung terlihat lebih besar daripada ukuran normalnya. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat organ tersebut kesulitan memompa darah.

Menurut jurnal medis dari AHA Journals tahun 2017, kardiomiopati akan mengakibatkan penderitanya mengalami gagal jantung. Kondisi yang menyebabkannya adalah diabetes, hipertensi, obesitas, dan infeksi.

  1. Kelainan aorta

Aorta adalah pembuluh arteri terbesar yang terletak di dekat jantung. Ia berfungsi untuk mendistribusikan darah bersih ke seluruh tubuh. Ketika terdapat kelainan padanya, pembuluh tersebut dapat sobek atau membesar. Dalam kondisi yang parah, ia akan pecah.

Studi dari Hopkins Medicine mengatakan bahwa terdapat berbagai keadaan yang menyebabkannya, mulai dari hipertensi, faktor genetis, cedera, dan atosklerosis (arteri yang mengeras). Orang yang menderitanya harus segera mendapatkan penanganan dari dokter.

Ternyata selama ini yang kita sebut sebagai ‘penyakit jantung’ itu ada berbagai jenis ya. Dengan mengetahui informasi ini, mulai dari sekarang kita bisa lebih spesifik ketika menyebutnya. (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.