Cegah Pikun dengan 5 Aktivitas Harian Ini, Bikin Otak Tetap Sehat

Cegah Pikun dengan 5 Aktivitas Harian Ini, Bikin Otak Tetap Sehat

Akurasi.id – Berapa pun usiamu, menjaga otak tetap sehat adalah hal penting. Orang dengan otak yang sehat dan tajam memiliki peluang hidup yang lebih sehat dan produktif.

Dilansir University of Michigan Health, otak menghasilkan zat yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Sebagai contoh, endorfin merupakan zat penghilang rasa sakit alami, dan gamma `globulin yang menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Masih dari sumber yang sama, penelitian memperlihatkan bahwa apa yang dihasilkan otak dan tubuh sangat bergantung pada perasaan, harapan, serta pikiran. Jadi, ketika seseorang sakit namun mempunyai pikiran positif, sikap positif, dan semangat, maka otak akan memproduksi lebih banyak zat yang membuat tubuh cepat pulih.

Lantas, bagaimana caranya membuat otak tetap sehat dan berpikiran tajam? Tidak sulit, kok. Cukup dengan lima aktivitas harian yang simpel, kamu dapat menjaga kesehatan otak. Yuk, simak penjelasan berikut!

  1. Hindari multitasking

Multitasking membuat seseorang membagi perhatiannya. Ini membuatmu sulit fokus yang nantinya bisa mengganggu pekerjaan atau belajar. Makin banyak kamu mengerjakan tugas dalam waktu bersamaan, makin sedikit tugas yang selesai.

Studi menunjukkan, saat otak terus-menerus bolak-balik melakukan banyak tugas bersamaan, terlebih yang memerlukan perhatian dan sulit dikerjakan, risiko kesalahan dan tidak efisien jadi tinggi. Kondisi ini bisa mengganggu fungsi otak bahkan berbahaya, seperti dilansir Cleveland Clinic.

  1. Olahraga

Bukan hanya tubuh, olahraga pun berdampak baik pada otak. Mengutip Prevagen, penelitian menemukan bahwa olahraga bisa melancarkan aliran darah ke otak. Ini memungkinkan koneksi antara saraf di dalam otak bekerja lebih baik.

Penelitian pun mengatakan bahwa olahraga bisa merangsang kreativitas, meningkatkan memori, dan membantu otak mencari solusi. Studi lain dalam laman yang sama juga menemukan bahwa olahraga bisa meningkatkan fungsi otak.

  1. Tertawa lepas

Stres bisa membuat otak melepaskan hormon kortisol sehingga seseorang jadi sulit berpikir jernih. Seiring waktu, tingkat stres yang makin tinggi membuat memori otak jadi bermasalah.

Kalau sudah begini, tak ada salahnya untuk menghilangkan stres dengan tertawa lepas. Kamu bisa menonton acara komedi atau bercanda dengan teman. Dilansir HowStuffWorks, ada penelitian yang menyebutkan bahwa tertawa lepas berpengaruh positif pada hampir semua bagian otak.

  1. Mengenal orang baru

Mengenal orang baru bisa meningkatkan fungsi otak sama seperti saat kamu bermain teka-teki silang atau puzzle. Dijelaskan dalam laman WebMD, aktivitas ini bisa melatih keterampilan ingatan jangka pendek dan konsentrasi.

Obrolan yang ramah selama 10 menit pada orang baru juga bisa memperkaya otak. Mendengarkan sudut pandang orang lain dan menempatkan dirimu pada posisinya juga bisa membuat otak berpikir dengan cara yang baru. Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih ramah dengan orang lain, kan?

  1. Mendengarkan musik

Selain membuatmu makin waspada, mendengarkan musik juga bisa memperbaiki suasana hati dan meningkatkan memori. Ini karena satu nada dan nada berikutnya membuat musik bersifat matematika, struktural, dan arsitektural, seperti hasil penelitian yang dicatat dalam laman Johns Hopkins Medicine. 

Masih dalam penelitian yang sama, musik dengan genre yang berbeda dari yang sering didengar bisa menantang otak berpikir kreatif, lo! Meski tidak menyenangkan pada awalnya, otak akan berjuang untuk memahami hal baru itu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan otak. Selain melakukan beberapa aktivitas di atas, kamu juga perlu tidur yang cukup dan rutin mengonsumsi makanan yang baik untuk otak. Seperti ikan, sayuran hijau, dan buah-buahan. Selamat mencoba! (*)

Sumber: Idntimes.com

Editor: Redaksi Akurasi.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.