Tips Meredakan Gejala Pneumonia secara Alami

Tips Meredakan Gejala Pneumonia secara Alami

Akurasi.idPneumonia atau yang juga dikenal sebagai paru-paru basah tergolong penyakit yang serius. Kondisi ini terjadi ketika alveoli atau kantung udara paru-paru meradang karena dipenuhi cairan. Pada umumnya, pneumonia banyak diderita balita dan sulit untuk disembuhkan. Mau tahu cara meredakan gejala pneumonia secara alami?

Gejala yang timbul biasanya berupa batuk-batuk, demam, sakit pada dada, hingga napas yang memendek. Perlu diketahui bahwa pneumonia harus ditangani dengan prosedur medis dan pengobatan dari dokter.

Namun ada beberapa cara alami yang bisa membantu meredakan gejala pneumonia. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini! Dilansir dari idntimes.com, Selasa (05/10/2021).

Jika kamu mengalami batuk

  1. Kumur dengan air garam

Untuk mengatasi batuk berdahak karena pneumonia, kamu bisa melakukan cara ini. Campurlah seperempat atau setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat.

Setelah tercampur, gunakan air tersebut untuk berkumur minimal 30 detik lalu keluarkan. Pastikan cairan tersebut mengenai dinding tenggorokanmu, ya! Dengan begitu, lendir yang menumpuk lebih mudah untuk keluar. Lakukan cara ini minimal tiga kali sehari.

  1. Minum teh herbal

Terdapat berbagai teh herbal yang bisa meredakan batuk karena pneumonia. Contohnya teh peppermint dan eukaliptus. Dilansir Healthline, keduanya bisa berperan sebagai dekongestan dan memecahkan lendir yang menyangkut.

Cukup seduh teh peppermint atau teh biasa dengan daun min di air panas. Kamu juga bisa menghirup uapnya agar lendir di area hidung bisa melunak dan keluar.

  1. Madu dan lemon

Cara berikutnya adalah menggunakan air perasan lemon dan madu. Cukup campurkan keduanya ke dalam air hangat. Metode tersebut sangat ampuh dalam meredakan batuk.

Dilansir Mayo Clinic, madu mengandung dextromethorphan yang berfungsi mengurangi intensitas gejala tersebut. Lemon pun memiliki efek yang sama.

Jika kamu demam

  1. Perbanyak minum air hangat

Demam dapat diatasi dengan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Untuk melakukannya, perbanyaklah minum air hangat.

Sebab, cairan mampu mengatur suhu tubuh, memerangi virus dan bakteri, serta mencegah dehidrasi yang sering terjadi ketika demam. Makan sup hangat juga bisa menjadi alternatif jika kamu sulit minum air.

  1. Mengenakan kaus kaki basah

Cara yang satu ini mungkin terdengar tidak umum, tetapi banyak orang yang telah membuktikannya. Dilansir Best Health Mag, mengenakan kaus kaki basah dapat menurunkan suhu tubuh karena darah lebih banyak mengalir ke kaki.

Jika kamu merasakan sakit di bagian dada

  1. Teh kunyit dan jahe

Gejala berikutnya dari pneumonia adalah rasa sakit pada dada. Ini merupakan kondisi yang bisa membuat pasien tidak nyaman dan sulit tidur. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara meredakannya.

Dilansir Medical News Today, baik jahe maupun kunyit, keduanya sama-sama dilengkapi dengan sifat antiinflamasi. Jadi bahan herbal tersebut dapat meredakan sakit dan nyeri yang dirasakan. Cukup campurkan jahe atau kunyit dengan teh hangat. Agar rasa tidak terlalu menyengat, kamu bisa menambahkan madu.

  1. Bawang putih

Bawang putih memang menyimpan berbagai khasiat kesehatan. Salah satunya adalah untuk meredakan sakit dada. Selain itu, dilansir Wilson Care, bawang putih juga bisa membunuh bakteri, virus, dan parasit penyebab pneumonia.

Bagaimana cara mengonsumsinya? Cara termudah adalah dengan menambahkannya ke dalam masakan. Namun, jika kamu ingin khasiatnya lebih terasa, campurkan dua siung bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam susu hangat.

Jika napas memendek

  1. Terpapar kipas angin

Gejala pneumonia berikutnya adalah napas tersengal-sengal seperti orang yang sedang asma. Menurut studi tahun 2010 dari Addenbrooke’s Hospital, napas yang memendek dapat diatasi dengan meletakkan kipas angin di depan mulut dan hidung. Lakukan cara tersebut beberapa kali dengan durasi minimal 5 menit.

  1. Kafein

Sedikit kafein dapat membantu meredakan napas yang memendek. Jika kamu merasakan gejala tersebut, coba redakan dengan teh hijau atau kopi hangat. Mengutip Medical News Today, kafein dapat membuka jalur udara di dalam paru-paru. Dengan begitu, napas jadi lebih lancar.

  1. Istirahat dengan cukup

Pasien pneumonia tentu saja membutuhkan istirahat yang cukup. Hindarkan diri dari paparan asap kendaraan bermotor, pembakaran sampah, dan rokok.

Bukan hanya memicu gejala yang lebih serius, paparan radikal bebas akan melemahkan sistem imun. Jika itu terjadi, infeksi semakin sulit disembuhkan.

Perlu diketahui bahwa cara-cara alami yang dipaparkan di atas hanya bisa meredakan gejala pneumonia yang terjadi, bukan menyembuhkan pneumonia. Kamu bisa melakukannya di rumah sambil menjalankan pengobatan dari dokter. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.