Mandi Malam Hari Gak Selalu Buruk, Ini Alasannya!-

Mandi Malam Hari Gak Selalu Buruk, Ini Alasannya!-

Akurasi.id – Kita biasanya mandi dua kali sehari, yaitu umumnya pada pagi dan sore hari. Banyak yang menghindari mandi malam hari karena biasanya waktu tersebut digunakan untuk istirahat, serta adanya anjuran untuk tidak mandi pada malam hari.

Namun, mandi malam hari tidak melulu berdampak buruk untuk kesehatan. Inilah beberapa alasan untuk mandi malam dari sudut pandang kesehatan. Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (04/09/2021).

  1. Baik untuk kulit

Dilansir Lifehealth, mandi sebelum tidur baik untuk kesehatan kulit. Mandi dapat membantu membersihkan semua kotoran termasuk kuman penyakit dari tubuh. Dengan demikian, mandi malam juga dapat mengurangi risiko infeksi bakteri dan masalah kulit.

Selain itu, mengutip Bustle, bila setelah berakvitas seharian kamu langsung tidur tanpa mandi, minyak, keringat, dan kotoran di kulit dapat menempel di seprai dan sarung bantal, sehingga bisa memicu jerawat.

  1. Membantu kontrol tekanan darah

Mandi sebelum tidur juga dikatakan dapat membantu mengatur tekanan darah.

Sebuah penelitian dalam jurnal Chronobiology International tahun 2019 menemukan bahwa berendam air hangat selama 11-15 menit sebelum tidur membantu partisipan usia lebih tua untuk menurunkan tekanan darah mereka sebelum tidur. Beberapa partisipan mengalami penurunan tekanan darah sebanyak 16 mmHg setelah mandi air hangat.

  1. Membantu untuk tidur lebih cepat

Bila kamu berniat untuk tidur lebih awal, mandi malam bisa menjadi solusi. Menurut laporan dalam jurnal Sleep Medicine Reviews tahun 2019, mandi malam membuat tubuh dan pikiran rileks dan memberi efek berupa tidur yang lebih baik. Mandi 90 menit sebelum tidur dengan air hangat dapat membantu untuk tertidur sekitar 10 menit lebih cepat dari biasanya.

Tak hanya itu, studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine tahun 2021 mengamati lebih dari 1.000 orang dewasa lebih tua dengan usia rata-rata 72 tahun yang mandi air panas sebelum tidur. Tim peneliti menemukan bahwa mereka yang mandi air hangat sebelum tidur malam melaporkan tertidur lebih cepat daripada mereka yang tidak mandi air hangat sebelum tidur.

  1. Meredakan kram kaki

Dilansir Healthline, mandi pada malam hari, terutama dengan air hangat, bisa membantu menenangkan ketegangan otot dan meningkatkan kualitas tidur malam menjadi lebih baik.

Tentunya ini juga bisa meredakan kram otot di kaki yang terjadi pada malam hari, kondisi umum yang dialami oleh sebagian orang.

  1. Mengatasi keringat saat malam hari

Sebagaimana telah diketahui, mandi pagi adalah cara yang baik untuk menyegarkan diri sebelum menghadapi hari. Namun, sebagian orang mengidap penyakit yang gejalanya adalah keringat pada malam hari, misalnya pada orang dengan tuberkulosis paru, stres, GERD, dan sebagainya.

Nah, mandi air dingin sebelum tidur dikatakan dapat membantu mengurangi keluhan keringat malam yang bisa bikin tak nyaman. Selain itu, mandi malam juga bisa membantu mengeliminasi bau badan.

Itulah beberapa alasan untuk melakukan mandi pada malam hari sebelum tidur. Apakah kamu termasuk yang rutin melakukannya? (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *