Makan Mie Instan Setiap Sahur, Aman Kah? Ini Deretan Risikonya

Makan Mie Instan Setiap Sahur, Aman Kah? Ini Deretan Risikonya

Akurasi.id – Makan mie instan setiap sahur memang praktis, karena proses membuatnya cukup mudah dan cepat saji. Meski demikian, kebiasaan ini ternyata memberikan risiko bagi kesehatan tubuh. Sebab mie instan sendiri sebetulnya bukanlah makanan yang sehat.

Pada bulan Ramadhan 2021 seperti sekarang ini, banyak orang yang malas memasak menu makan sahur dan akhirnya konsumsi mie instan untuk menu sahur mereka. Tahukah anda? Makan mie instan saja akan menjadikan tubuh anda tidak memiliki energi yang cukup saat menjalankan ibadah puasa. Mengapa demikian? Ketahui risikonya di bawah ini.

Resiko Makan Mie Instan Setiap Sahur

Seperti yang kita ketahui, mie instan menggunakan bahan dasar berupa tepung yang mudah untuk dicerna. Dengan demikian, anda bisa cepat merasa lapar. Selain itu, bahan pengawet yang terkandung di dalamnya tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.

Tubuh Akan Kekurangan Gizi

Benarkah konsumsi mie instan membuat tubuh kita kekurangan gizi? Jawabannya benar. Hal ini karena mie instan hanya memiliki kandungan nutrisi berupa karbohidrat. Oleh sebab itu, ketika anda sahur dengan mie instan, maka kebutuhan gizi tubuh anda seperti lemak, vitamin, dan protein tidak bisa terpenuhi.

Tubuh Mudah Kekurangan Cairan

Ternyata mie instan memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Dengan demikian, ini akan memberikan efek buruk pada tubuh. Salah satunya adalah tubuh akan lebih mudah mengalami kekurangan cairan. Mengapa demikian?

Sebab garam mempunyai sifat yang bisa menarik cairan. Maka dari itu, saat anda berpuasa akan lebih mudah merasa haus sepanjang hari. Ketika anda merasa semakin haus, tentu ini menjadi pertanda bahwa tubuh anda semakin dehidrasi.

Bila anda mengalami dehidrasi, maka mulut akan terasa kering dan lengket. Selain itu, anda juga lebih mudah merasa lelah dan sakit kepala. Hal yang paling buruk anda bisa sampai tak sadarkan diri.

Bagaimana Jika Terpaksa Makan Mie Instan?

Ahli gizi dr Diana F Suganda, M Kes, SpGK menjelaskan bagaimana bila memang harus makan sahur menggunakan mie instan setiap hari karena kondisi darurat?

Jika terpaksa, maka anda bisa menambahkan berbagai bahan tambahan lain seperti sayuran dan telur. Kedua bahan tambahan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh anda.

Dengan demikian, anda masih tetap bertenaga saat menjalankan ibadah puasa seharian meski sahur dengan mie instan. Akan tetapi, yang perlu anda ingat adalah jangan makan mie instan setiap sahur. Akan lebih baik bila anda sahur dengan menu makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *