5 Langkah Memulai Olahraga buat Pemula

5 Langkah Memulai Olahraga buat Pemula

Akurasi.id – Mumpung lagi banyak beraktivitas di rumah, kamu bisa memanfaatkan untuk berolahraga. Siapa tahu kelar pandemik badan kamu jadi lebih sehat dan punya berat ideal. Namun, namanya memulai pasti sulit, terlebih buat kamu yang jarang olahraga. Coba cek kembali kapan kamu terakhir berolahraga? Nah berikut langkah memulai olahraga bagi yang jarang atau tidak pernah berolahraga.

Buat yang sudah lama gak olahraga, coba terapkan lima langkah memulai olahraga di bawah ini sebelum memulainya. Coba dengan rutin dan semoga bisa jadi kebiasaan positif! Dilansir dari laman idntimes.com, Kamis (26/08/2021).

  1. Kumpulkan niat

Ini dia yang paling utama. Kalau gak niat, semua yang dilakukan akan sia-sia. Kumpulkan niat dan cari tahu apa yang kamu inginkan dan kondisimu. Misalnya, jika kamu gampang pusing dengan jenis olahraga lompat-lompat, pilih sesuai kondisi.

Niatkan untuk memulai olahraga kapan saja dan senyaman kamu, misalnya gak harus outdoor dan pagi hari. Kamu bisa memulai kapan saja saat menginginkan, misal sebelum tidur atau pas siang hari.

  1. Mulai dari yang ringan

Jika berencana olahraga di rumah, gak usah nyontek dari video-video yang diperuntukkan buat profesional. Pilih yang nyaman dan sesuai yang kamu mau. Kamu gak perlu di awal olahraga langsung memilih jenis gerakan kompleks.

Akhirnya hal ini justru akan menyulitkanmu dan bikin kapok. Gerakan low impact bisa kamu pilih untuk latihan awal. Pelajari juga gerakan dengan benar biar gak bikin cedera otot.

  1. Awali dengan pemanasan

Jangan lupakan pemanasan. Hal tersebut penting agar otot-ototmu gak kaget ketika diajak untuk berolahraga. Untuk gerakan pemanasan juga bisa dicek di berbagai video gratis di YouTube.

Waktu untuk pemanasan umumnya gak lama dan gerakannya cenderung ringan. Dengan melakukan pemanasan, badan akan lebih siap diajak untuk berolahraga.

  1. Kenakan pakaian yang nyaman

Memang lebih baik mengenakan pakaian olahraga. Namun, jika kamu belum memilikinya, bukan jadi alasan buat gak workout. Kamu bisa mengenakan pakaian yang pas di badan dan tidak longgar karena akan menghalangi gerakan olahraga. Pakai jenis kain yang menyerap keringat.

Jika kamu sudah punya pakaian olahraga, kenakan yang sesuai dengan ukuran badanmu dan yang gak mengganggu aktivitas. Hindari memilih pakaian yang terlalu ketat karena bikin gak nyaman. Sebaliknya, pilih pakaian bersifat stretch.

  1. Pilih olahraga dengan waktu yang pendek

Jangan langsung pilih olahraga yang berdurasi 1 jam buat mengawali workout. Pilih durasi pendek, misalnya 10 atau 15 menit dan gerakan ringan. Dari situ, kamu bisa mengukur kekuatan tubuhmu. Jika kuat, kamu bisa lanjutkan olahraga serupa selama beberapa waktu, kemudian tingkatkan ke level berikutnya.

Biasakan dulu dengan rutinitas olahragamu baru tingkatkan waktu dan variasinya. Orang yang sudah profesional toh pasti juga mengawalinya dari gak bisa dulu, bukan?

Yang terpenting dari olahraga adalah agak badan lebih kuat, bukan sekadar kurus saja. Jika kamu pengin mendapatkan bonus berat badan berkurang, imbangi dengan pola makan rendah kalori. Percuma olahraga kalau makanmu masih sembarangan. (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.