5 Kiat Sederhana Meredakan Stres

5 Kiat Sederhana Meredakan Stres

Akurasi.id – Dilansir Cleveland Clinic, stres yang dialami seseorang akan memicu peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, pikiran menjadi kacau, serta muncul emosi negatif seperti marah dan takut. Oleh sebab itu, stres selalu berasosiasi dengan ketidaknyamanan yang sebisa mungkin dihilangkan dengan segera. Penasaran mau tahu kiat sederhana meredakan stres?

Terdapat kiat sederhana meredakan stres yang bisa digunakan untuk yang sudah memuncak. Apa saja? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Berlatih teknik pernapasan

Meredakan stres bisa dilakukan dengan cara mudah seperti mengatur napas. Pola pernapasan tertentu seperti slow breathing technique dapat dengan mudah membantu mengendalikan diri dan mereduksi stres.

Teknik pernapasan ini bisa dipraktikkan kapan pun dan di mana pun, bahkan di tengah situasi stress yang dialami, tanpa disadari orang di sekitarmu. Efek yang dihasilkan juga cepat bisa dirasakan, sehingga stress bisa dikendalikan dengan mudah.

  1. Rutin meditasi

Salah satu manfaat yang didapat dari rutin melakukan meditasi adalah untuk mengurangi stres. Dilansir Very Well Mind, bahkan hanya dengan meditasi beberapa menit dapat memberikan efek menenangkan dan kesadaran penuh, sehingga menurunkan level stres.

Meditasi juga dapat membantu seseorang untuk segera bangkit dari kekhawatiran masa depan dan kembali ke masa sekarang. Fokus menjalani hidup pada kondisi saat ini akan memberikan hasil maksimal pada aktivitas yang dijalani.

  1. Atasi stress dengan berolahraga secara teratur

Ketika stres, seseorang akan merasa kacau dan tidak nyaman. Perasaan tersebut muncul karena tubuh melepas hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Untungnya, kondisi ini bisa dilawan dengan rutin berolahraga, seperti aerobik.

Harvard Medical School melansir, latihan aerobik dapat menstimulasi produksi endorphin, yaitu hormon yang bekerja untuk meredakan rasa sakit dan meningkatkan mood. Oleh sebab itu, dengan berolahraga rutin, tubuh akan sering memproduksi endorphin sehingga lebih rileks.

  1. Jaga diri tetap optimis

Dilansir Very Well Mind, orang yang bersikap optimis dalam menghadapi suatu masalah cenderung merasa tidak terlalu stress. Optimisme membuat seseorang menjadi yakin bahwa kendali situasi ada pada mereka, sehingga ketika berusaha, maka keadaan bisa berubah lebih baik.

Selain itu, sikap optimis juga berdampak baik untuk kesehatan, membuka sudut pandang baru, dan dapat menuntun pada kesuksesan. Karenanya, penting untuk optimis di kala merasa stress.

  1. Identifikasi penyebab utama stres

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk mengurangi stres adalah dengan menemukan faktor utama penyebab stres itu sendiri. Coba renungkan hal-hal yang mengganggu pikiranmu seperti pekerjaan, hubungan dengan pasangan, dan sebagainya.

Jika masalah utamanya sudah ditemukan, maka saatnya memikirkan solusi untuk mengatasi keadaan tersebut. Keberhasilan mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan akan menurunkan tingkat stres secara signifikan.

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Namun, dengan langkah yang tepat, kondisi tersebut dapat dikelola dengan baik. Dengan begitu kondisi tersebut diharapkan tidak berlanjut menjadi masalah yang lebih kompleks. Tetap semangat, ya! (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.