Kenali Gejala Radang Usus

Kenali Gejala Radang Usus, Penyakit yang Diderita Najwa Shihab

Pembawa acara Najwa Shihab telah mengumumkan jika dirinya menderita gangguan usus dan menjalani perawatan di rumah sakit. Dia tidak bisa melangsungkan siaran Mata Najwa karena kondisinya tersebut. Kenali gejala radang usus seperti yang dialami Najwa lebih dini.

Penyakit seperti ini sudah umum dijumpai di kalangan masyarakat. Akan tetapi, banyak orang yang meremehkan jenis penyakit ini. Padahal bila dibiarkan begitu saja, akan membuat kondisi semakin parah bahkan mengancam nyawa.

Kenali Gejala Radang Usus

lifepack.id

Kenali Gejala Radang Usus Seperti yang Diidap Najwa Shihab

Penyakit radang usus merupakan gangguan pencernaan yang bisa menimbulkan peradangan pada saluran cerna. Termasuk diantaranya mulut, kerongkongan, perut, usus besar, kemudian usus halus.

Agar kondisi tidak memburuk, maka perlu kenali gejala radang usus beserta dengan faktor risiko agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Sakit Perut

Gejala yang paling sering terjadi dari penyakit ini adalah sakit perut. Rasa sakit timbul karena terdapat peradangan pada usus besar.

Diare 

Setelah gejala sakit perut terjadi, biasanya akan disusul dengan diare. Peradangan oleh infeksi kuman, seperti virus, bakteri atau parasit mengakibatkan diare.

BAB Berdarah dan Wasir

Buang Air Besar (BAB) berdarah biasanya akan dialami oleh penderita radang usus. Bahkan BAB akan disertai dengan nanah. BAB seperti ini menandakan jika ada luka pada saluran cerna karena peradangan.

Diare yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan wasir. Bila diare, maka saat BAB akan mengejan keras dan memaksa jantung mengalirkan banyak darah ke anus.

Sehingga membuat pembuluh darah bengkak dan pecah di sekitar anus lalu menyebabkan wasir. Akibat kebocoran tersebut, feses yang keluar dari anus membawa darah.

Penurunan Berat Badan dan Anemia

Gejala yang perlu diwaspadai adalah saat penderita mengalami penurunan berat badan dan anemia. Apabila hal ini terjadi pada anak-anak, maka dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya.

Penyebab Radang Usus 

Penyebab pasti radang usus belum diketahui, namun bisa saja karena diet ketat dan stress. Sistem kekebalan tubuh yang rusak sulit melawan virus dan bakteri. Untuk itu, kenali gejala radang usus sebelum menjadi penyakit yang lebih parah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *