Ini 5 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Ini 5 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Akurasi.idInsomnia adalah sejenis kondisi di mana seseorang mengalami kesusahan untuk tidur, ada yang mengalami di tahap ringan yang membuatnya terjaga hingga larut malam tapi ada juga yang sampai membuat seseorang tidak bisa tidur berhari-hari. Selalu ada penyebab dari insomnia yang dialami seseorang, terlepas apakah ia menyadarinya atau tidak. Mau tahu apa saja kebiasaan pemicu insomnia ini?

Bahkan tak jarang insomnia justru timbul dari kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari, lho. Seperti beberapa kebiasaan sederhana yang kita bahas kali ini, tanpa sadar kebiasaanmu sendirilah yang membuatmu jadi susah tidur dan berpengaruh buruk untuk kesehatanmu pula. Simak pembahasannya apa saja kebiasaan pemicu insomnia berikut ini, ya. Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (09/10/2021).

  1. Tidur siang terlalu lama

Kamu yang punya kebiasaan tidur siang mungkin gak sadar kalau hal ini bisa menyebabkanmu insomnia. Tidur siang memang bagus apalagi untuk mengisi ulang energi dan mengistirahatkan tubuhmu sejenak, akan tetapi kalau dilakukan berlebihan dan dalam jangka waktu lama justru gak bagus, lho.

Karena kalau kamu sudah tidur duluan di siang hari dalam waktu lama, tentu saat malam kamu jadi tidak mengantuk lagi, yang akhirnya membuat tubuhmu terbiasa untuk tidur larut malam atau bahkan mengalami insomnia. Hal ini sebenarnya gak baik untukmu, yang mana bisa membuatmu kurang tidur ketika bangun pagi dan harus mulai beraktivitas.

  1. Tanpa sadar minum banyak kopi ketika lembur dan kerja malam sebelum tidur

Kebiasaan lainnya yang juga menjadi penyebab kamu mengalami insomnia, ialah kalau tanpa sadar minum banyak kopi ketika lembur dan kerja malam sebelum tidur. Karena ada sebagian orang yang terbiasa membawa pekerjaannya ke rumah, jadi sambil menyelesaikan pekerjaannya sebelum tidur biasanya ditemani oleh kopi agar tidak mengantuk.

Tapi efek sampingnya ya itu, kalau mengonsumsi terlalu banyak kafein kamu pun jadi susah tidur dan berakhir insomnia. Mengalami iinsomnia dan kurang tidur, ditambah lagi dengan banyak minum kopi yang semakin memperburuk kesehatanmu.

  1. Bermalas-malasan sepanjang hari, alias fisikmu tidak aktif

Kamu yang hobi rebahan hati-hati, ya, kebiasaanmu ini juga bisa menyebabkan insomnia. Karena kalau kamu hanya bermalas-malasan sepanjang hari tentunya fisikmu pun tidak aktif, kan.

Dan ketika tubuhmu tidak aktif, otomatis energi yang kamu miliki jadi tidak terpakai sehingga tidak ada rasa lelah, padahal sebenarnya rasa lelah yang memancing timbulnya kantuk dan membuatmu butuh istirahat. Tapi kalau seharian hanya malas-malasan, ya gak heran kalau malamnya jadi susah tidur sampai insomnia.

  1. Sering keasyikan main gadget sampai larut malam

Kebiasaan keempat yang membuatmu jadi insomnia, ialah jika sering keasyikan main gadget sampai larut malam. Memang benar bahwa pada saat malamlah kita bisa bersantai main gadget setelah seharian sibuk melakukan berbagai aktifitas, akan tetapi kalau tidak dibatasi dan keasyikan bisa-bisa kamu malah jadi tidak mengantuk dan kurang istirahat, lho.

Karena sebenarnya waktu malamlah kamu bisa istirahat dan menghilangkan rasa lelah dengan tidur. Tapi kalau akhirnya insomnia jadinya susah, kan? Setiap hari rasanya seperti kurang istirahat dan bisa mengganggu kesehatanmu juga.

  1. Kebiasaan overthinking, memikirkan hal-hal yang gak penting saat mau tidur

Sebisa mungkin hindarilah memikirkan hal-hal yang tidak begitu penting ketika mau tidur dan istirahat ketika malam, kenapa? Karena kebiasaan overthinking bisa membuatmu insomnia.

Kalau pikiran dan perasaanmu tidak tenang pasti bakal gak merasa mengantuk, bahkan meskipun lelah sekalipun kamu juga bakal kesulitan untuk tidur. Dan banyak orang yang akhirnya memilih alternatif meminum obat tidur untuk membuatnya terlelap dan melupakan apa yang ia pikirkan.

Itulah tadi lima kebiasaan yang tanpa sadar bisa menyebabkan insomnia, kalau ada salah satu poin tadi yang merupakan kebiasaanmu segeralah menghilangkannya, ya. Supaya kesehatanmu tidak terganggu dan waktu tidurmu tercukupi. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.