5 Hal Sepele Penyebab Kecanduan

Beberapa Hal Sepele Penyebab Kecanduan

5 Hal Sepele Penyebab Kecanduan

Menjelajah internet termasuk hal sepele penyebab kecanduan. (pexels.com/Kaboompics.com)

Akurasi.id – Jika membahas seputar “kecanduan“, banyak orang berpikir tentang konsekuensi negatif dan perubahan perilaku yang berasal dari hal-hal negatif, seperti penyalahgunaan narkoba, alkohol, atau perjudian. Namun, ada juga hal sepele penyebab kecanduan.

Meskipun tidak berbahaya, namun beberapa hal dapat menyebabkan kecanduan psikologis yang memicu obsesi atau perilaku yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa hal yang tanpa disangka bisa menyebabkan kecanduan, dilansirdari idntimes.com, Senin (28/06/2021).

  1. Mengaplikasikan lip balm

Mengoleskan lip balm adalah sesuatu yang banyak dari kita lakukan tanpa berpikir, utamanya saat cuaca sedang dingin. Tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa memakai lip balm sebenarnya bisa menjadi semacam kecanduan psikologis.

Lip balm memang dapat memberikan kelembapan sementara, namun lip balm juga dapat mengganggu pembentukan kelembaban alami dan pergantian sel, yang akhirnya menyebabkan kamu menerapkan lebih banyak lip balm untuk menyeimbangkan efek pengeringan. Kecanduan lip balm memang tidak mengancam nyawa, namun ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk melembapkan bibir daripada menggunakan lip balm secara kompulsif.

  1. Negative self-talk

Dari mengomentari jerawat, warna kulit, berat badan, hingga mengantisipasi hasil terburuk dari suatu situasi, negative self-talk dapat dengan cepat tertanam dalam otak seseorang sejak usia muda. Bagi banyak orang, negative self-talk sudah menyebar sepanjang hidup mereka sehingga dianggap sebagai kebiasaan.

Untuk menghentikan negative self-talk, kamu harus dengan sengaja memantau dialog batin dan mengganti pikiran yang terlalu keras dengan sentimen yang lebih netral atau positif. Membiasakan cara ini bisa menghentikan kebiasaan negative self-talk untuk selamanya.

  1. Obat tetes mata

Pada awalnya, kamu mungkin menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi alergi atau mata merah. Namun, seiring waktu, kamu mungkin mulai mengandalkan obat tetes mata untuk mengatasi ketidaknyamanan dan selalu ingin menggunakannya.

Obat tetes mata bekerja karena bahan aktif di dalamnya, seperti tetrahydrozoline, menyempitkan pembuluh darah konjungtiva sehingga tampak lebih kecil, membuat mata terlihat kurang merah. Beberapa orang mungkin meningkatkan frekuensi penggunaan karena obat tetes mata juga memiliki efek rebound.

  1. Menjelajah internet

Jika kamu adalah orang yang menghabiskan banyak waktu di internet, kamu mungkin sebenarnya telah mengalami kecanduan menjelajah internet. Kecanduan internet bahkan dapat memiliki efek yang sama pada otak, seperti kecanduan narkoba dan alkohol.

Sebagai akibatnya, siapa pun yang menderita kecanduan internet dapat menghadapi gejala yang sama dengan kecanduan lainnya, saat mencoba menghindari pemicu kecanduan. Selain itu, kecanduan internet mungkin juga berkaitan dengan depresi.

  1. Olahraga

Olahraga dinilai menjadi salah satu bagian penting dalam menerapkan gaya hidup sehat. Namun, ternyata olahraga juga bisa menyebabkan kecanduan. Orang yang sudah kecanduan olahraga cenderung merasa bahwa olahraga adalah hal terpenting dalam hidup mereka.

Bagi pecandu olahraga, olahraga juga digunakan sebagai strategi koping untuk mengendalikan emosi. Untuk mengetahui apakah kamu kecanduan olahraga, kamu harus mengevaluasi apakah kamu merasa harus terus meningkatkan olahraga untuk merasa puas, atau mengalami lekas marah atau depresi ketika tiba-tiba mengurangi olahraga.

Ternyata, ada juga hal sepele penyebab kecanduan, yang tanpa disadari bisa membuat ketagihan. Cek lagi, jangan-jangan selama ini ternyata kamu kecanduan hal-hal di atas? (*)

Editor: Yusva Alam

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *