Dampak Negatif Sering Begadang, Semangat Kerja Menurun

Dampak Negatif Sering Begadang, Semangat Kerja Menurun

Akurasi.id – Kalau membahas tentang begadang, sebenarnya tidak apa-apa untuk dilakukan, asal jika memang perlu saja. Misalnya, untuk menyelesaikan pekerjaan yang diburu deadline, atau menyelesaikan tugas yang mesti dikumpulkan keesokan paginya. Namun apabila keseringan, dampak negatif sering begadang akan bermunculan.

Karena, kalau sering-sering dilakukan atau bahkan menjadi kebiasaan setiap hari, begadang justru akan menimbulkan efek negatif yang merugikan dirimu sendiri dan menyulitkan hidupmu.

Contoh beberapa dampak negatif sering begadang ada dalam pembahasan berikut ini, pastikan menyimaknya baik-baik, ya! Dilansir dari idntimes.com, Jumat (17/09/2021).

  1. Manajemen waktumu buruk karena sering bangun kesiangan

Efek negatifnya kalau sering begadang ialah pengaturan waktumu menjadi sangat buruk, karena pasti sulit untuk bangun pagi dan akibatnya jadi selalu kesiangan.

Kalau sudah seperti ini maka dampaknya bisa ke banyak hal, mulai dari membuatmu terlambat datang ke sekolah atau kerja, hingga melewatkan jam janji temu yang sudah diatur.

Kamu jadi gak bisa mengatur waktu dengan baik, bahkan orang-orang di sekitarmu bisa saja merasa kesal dengan sifatmu itu.

  1. Gak semangat kerja karena selalu mengantuk

Sering begadang juga bisa menimbulkan efek negatif, berupa gangguan saat kamu bekerja, yang mana jadi tidak bersemangat karena terus merasa mengantuk. Sebab, waktu malam hari yang mestinya digunakan untuk istirahat, malah kamu gunakan untuk begadang.

Akibatnya, kamu pun jadi kurang istirahat. Selain mengantuk, tubuhmu juga pasti tidak prima untuk bekerja dengan maksimal. Bahaya banget kalau hal ini terus dilakukan, karena bisa-bisa, malah mengganggu kinerjamu.

  1. Kurangnya energi untuk berkegiatan

Kurangnya energi untuk melakukan kegiatan secara maksimal bisa jadi salah satu efek negatif begadang. Meski kelihatannya sepele, tapi sebenarnya kurang tidur itu efeknya besar sekali, lho.

Kebanyakan begadang membuatmu menjadi malas untuk melakukan apa-apa, yang akhirnya malah menunda-nunda. Kalau dipaksakan pun, apa yang kamu lakukan nantinya juga gak bakal memberikan hasil maksimal.

  1. Kurang istirahat membuatmu jadi mudah sakit

Keempat, kalau sering begadang dan kurang istirahat tentunya ketahanan tubuhmu menjadi menurun dan membuatmu jadi mudah terserang penyakit. Hal itu karena kamu sendiri tidak beristirahat dengan cukup, namun tetap memakai energi terlalu banyak setiap harinya.

Karena kamu itu manusia yang membutuhkan istirahat, bukan robot yang bisa aktif terus menerus. Jadi, kalau gak mau gampang sakit, jangan begadang kalau gak benar-benar perlu, dan aturlah waktu tidurmu agar mencukupi yang dibutuhkan tubuhmu, ya.

  1. Menimbulkan masalah pada kulit wajah

Gak hanya bikin tatanan hidupmu berantakan, sering begadang juga bakal berpengaruh pada kondisi kulitmu, lho. Terutama pada perempuan yang tingkat sensitifitas kulitnya lebih tinggi. Yang mana kalau sering begadang, bisa membuat kulitmu jadi terlihat kusam, kering, timbul lingkaran hitam di bawah mata, hingga tumbuhnya jerawat wajah.

Jadi, kalau tidak mau kulitmu rusak gara-gara begadang, tidurlah dengan cukup! Supaya keuanganmu juga gak dibuat kacau untuk membeli perawatan kulit dan wajah yang rusak karena begadang.

Begadang tentu boleh saja asal dilakukan karena memang perlu. Tapi, kamu pasti gak mau, kan, kalau sampai mengalami efek negatifnya yang seperti di atas tadi. Jadi, cukupkan waktu istirahatmu demi hidup yang baik! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *