5 Cara Self Healing Meski di Rumah Saja

5 Cara Self Healing Meski di Rumah Saja

Akurasi.id – Ketika seseorang yang aktif kegiatan di luar rumah, mendadak harus bekerja secara WFH. Kondisi tersebut tentu menjadi tekanan bagi sebagian orang, sehingga membuatnya menjadi stres. Apakah kamu tengah mengalami masa tersebut? Berikut ada beberapa cara self healing yang bisa dicoba meski di rumah saja.

  1. Membaca buku

Kegiatan membaca buku adalah sebuah kesenangan atau hobi bagi seseorang. Tak jarang kegiatan tersebut dapat menjadi alternatif dalam menyembuhkan luka. Dikutip dari Fimela.com, Dr. David Lewin mengatakan bahwa hanya 6 menit saja waktu yang dibutuhkan untuk melupakan semua masalah dan kegelisahan dengan membaca buku. Terdapat hiburan tersendiri yang akan kamu peroleh saat membaca buku yang disukai.

Pilihlah bacaan yang memang menarik dan kamu sukai seperti novel, cerpen hingga berbagai tema yang mencuri perhatianmu. Termasuk ke dalam cara cepat dan terbaik dalam self healing, bukan? Kamu bisa membuat perasaan tenang dan nyaman dengan waktu yang singkat.

  1. Menonton serial di TV, film, atau drama

Berikutnya proses penyembuhan yang dapat membuatmu lebih relaks yaitu dengan menonton serial di TV, film atau drama. Kegiatan tersebut dapat memberikan hiburan yang membuatmu lupa akan rasa sakit yang tengah dialami. Menonton juga merupakan bentuk dari penghibur diri ditengah kesepian karena mesti di rumah saja.

Bagi yang sangat menyukai drama atau serial film, hal tersebut sangat efektif untuk dilakukan. Selain dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai gendre cerita yang dapat membuat suasana hatimu lebih menyenangkan.

  1. Bermain game

Banyak yang mengatakan jika game dapat diibaratkan sebagai candu yang dapat membuat seseorang tak bisa lepas darinya. Namun, tidak semua opini tersebut benar. Kamu bisa menjadikan game sebagai self healing terhadap diri sendiri. Adanya perlawanan serta kompetisi yang terdapat di dalam game mampu untuk merangsang seseorang untuk menuangkan perasaannya.

Ketika hal tersebut sedang berlangsung, maka semua masalah atau kegelisahan yang tengah dirasakan akan terlupakan. Cara ini juga sangat terbukti dan ampuh untuk sekedar bersenang-senang. Terlebih lagi, jika dilakukan bersama keluarga atau pun teman.

  1. Merawat tanaman

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu terapkan di rumah, yaitu dengan merawat tanaman. Merawat tanaman dapat dipercaya menurunkan tingkat stres yang sedang kamu alami. Dilansir POPSUGAR, seorang konselor kesehatan mental yakni, Jesse Radloff mengatakan bahwa tanaman bisa menghasilkan dampak positif bagi seseorang.

Memungkinkan orang yang berada dalam sebuah ruangan bersama tanaman akan jauh lebih bahagia. Hal tersebut karena tingkat kortisol atau hormon stres menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, mulailah dengan menanam tanaman hias di halaman rumah. Lalu menyiramnya tiap pagi dan sore hari agar hari-harimu lebih berwarna.

  1. Memelihara hewan peliharaan

Kamu pencinta binatang? Anjing, kucing, atau hewan lain yang kamu sukai bisa menjadi teman yang dapat membantumu untuk self healing. Hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mengalihkan stres yang sedang dirasakan. Hewan atau binatang bisa memberikan efek penenang bagi sang pemiliknya.

Pilih dan rawatlah hewan yang akan kamu jadikan peliharaan di dalam rumah. Beberapa hewan peliharaan mampu membuat jiwa seseorang menjadi jauh lebih tenang dan stabil.

Nah, itulah kira-kira cara self healing yang bisa kamu lakukan. Beberapa cara yang sudah disebutkan mungkin tidak semuanya bekerja secara efektif pada semua orang. Jadi pilih dan terapkanlah cara yang dianggap cocok dengan kondisi yang sedang kamu alami saat ini. (*)

Editor: Redaksi Akurasi.id

Sumber: Idntimes.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.