Waktu Tidur Singkat Selama Bulan Ramadan, Ini Cara Menjaga Pola Tidur

Waktu Tidur Singkat Selama Bulan Ramadan, Ini Cara Menjaga Pola Tidur

Dengan berpuasa tubuh akan melakukan detoksifikasi secara alami. Namun bila tidak di imbangi dengan pola hidup yang sehat selama berpuasa, proses detoksifikasi dalam tubuh juga tidak akan berjalan dengan maksimal. Selain menjaga pola makan anda juga bisa mengatur pola tidur. Kami akan memberikan cara menjaga pola tidur supaya tetap segar.

Waktu Tidur Singkat Selama Bulan Ramadan, Ini Cara Menjaga Pola Tidur

Cara Menjaga Pola Tidur. Foto: Ist/Net

Cara Menjaga Pola Tidur Saat Bulan Puasa Agar Tetap Segar.

Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan beberapa masalah, seperti sakit kepala, mood swings, gangguan fungsi kognitif, dan kenaikan berat badan. Untuk mencegah hal itu, setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatur pola tidur. Berikut diantaranya.

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Agar tetap fit dalam menjalankan puasa, tentunya anda harus rutin menjalankan sahur. Hal ini sangat penting guna penambahan energi selama berpuasa. Agar tidur anda bisa berjalan dengan lancar sebaiknya jauhi makanan yang berlemak atau olahan susu yang sulit dicerna.

Tidur Lebih Awal dari Biasanya

Cara menjaga pola tidur saat berpuasa yang kedua adalah dengan tidur lebih awal. Pada umumnya penyebab mengantuk pada pagi dan siang hari dikarenakan waktu tidur anda yang kurang. Ditambah lagi, jika anda harus menyiapkan makan sahur dan diharuskan bangun lebih pagi ketimbang anggota keluarga lainya. Karena itu, hentikanlah kebiasaan begadang agar pola tidur tetap terjaga.

Menciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Jika anda ingin puasa lancar dengan tubuh yang tetap prima, maka cobalah mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Jangan begadang, matikan ponsel dan televisi, jangan biarkan apapun mengganggu waktu tidur. Agar tetap merasa nyaman anda bisa mematikan lampu untuk membuat suasana  lebih tenang.

Istirahat di Siang Hari untuk Mengisi Tenaga

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan tidur siang. Ini bertujuan agar stamina anda bisa kembali sehingga anda bisa lebih positif. Anda bisa beristirahat selama 20-30 menit dalam porsi paling minim. Sedangkan waktu yang tepat melakukan tidur siang adalah jam 14.00-15.00. Karena waktu ini merupakan waktu seseorang mulai mengantuk.

Rutin Berolahraga Ringan Saat Puasa

Berolahraga tentunya sangat bermanfaat dan tidak bisa ditinggalkan jika anda ingin mendapatkan badan yang sehat dan bugar. Namun, apa berolahraga saat berpuasa bisa menyehatkan badan? Tentunya bisa, tapi jika khawatir soal rasa haus setelah berolahraga, makan lakukan olahraga ringan saja saat pagi hari, atau menjelang berbuka.

Itulah, cara menjaga pola tidur agar tetap segar saat menjalankan ibadah puasa. Tentunya hal ini akan membuat kegiatan puasa anda menjadi lebih lancar. Sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan teratur.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *