Cara Diet yang Salah, Bikin Tubuh Tambah Lemas dan Sakit!

Cara Diet yang Salah, Bikin Tubuh Tambah Lemas dan Sakit!

Akurasi.id – Diet adalah salah satu upaya dalam menjaga kesehatan. Dengan melakukan diet, kamu bisa menjaga makanan yang kamu konsumsi dan menjaga berat badan agar ideal dan tak obesitas. Namun jangan sampai cara diet yang salah!

Banyak orang yang salah mengartikan maksud dari diet, sehingga melakukan diet dengan sembarangan dan hanya mengincar penurunan berat badan. Kalau sudah salah pemahaman seperti itu, maka tujuan dari diet pun menjadi tidak bagus lagi. Bukannya semakin menyehatkan tubuh, tetapi malah merusaknya.

Berikut ini adalah beberapa contoh cara diet yang salah yang dirangkum dari Women’s Health dan Prevention. Diet ini bukannya menyehatkan, tetapi malah mebuat tubuhmu lemas dan sakit. Yuk simak pembahasannya lebih lanjut! Dilansir dari idntimes.com, Sabtu (02/10/2021).

  1. Memangkas jatah makan harian

Banyak orang yang salah menafsirkan bahwa memangkas jatah makan dalam satu hari dapat mempercepat proses diet. Padahal cara seperti itu sangatlah salah dalam diet. Mengurangi jatah makan dalam sehari akan membuat tubuh kita kekurangan tenaga untuk beraktivitas dan dapat mengundang penyakit lain bersarang di tubuh kita.

Hal yang seharusnya dilakukan adalah membuat porsi khusus dan memilih menu tertentu saat makan. Gak perlu makanan mewah dan mahal, kok. Kamu bisa memulainya dengan belajar memilih menu makan yang tinggi protein dan rendah lemak.

  1. Tidak mengonsumsi karbohidrat

Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Saat kita memutuskan untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali, maka tubuh kita akan cepat mengalami kelelahan dan akan berakibat fatal terhadap kesehatan kita.

Maka dari itu, tetaplah mengonsumsi karbohidrat sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Beberapa rekomendasi menu yang mengandung karbohidrat saat diet adalah nasi merah, oat, dan kentang. Jika kamu ingin makanan diet yang lebih bervariasi, cobalah mencari banyak referensi dari internet.

  1. Mengurangi porsi makan secara ekstrim 

Pada dasarnya, diet dilakukan dengan mengatur porsi dan pola makan sehari-hari. Namun, terkadang, seseorang salah dalam menerapkannya. Jika sebelum diet kamu terbiasa makan dengan porsi jumbo, lalu saat diet hari pertama langsung menerapkan diet porsi ketat, maka tubuhmu akan terkejut. Sebab, tubuh kehilangan jumlah asupan makanan dibanding biasanya.

Lakukan diet pelan-pelan saja. Kalau terlalu ekstrim akan bahaya bagi tubuhmu. Diet yang efektif dapat dilakukan dengan tetap makan makanan yang sama, tetapi dengan pola dan porsi yang sesuai dengan tujuan diet kita.

  1. Olahraga gila-gilaan 

Saat melakukan diet, olahraga merupakan salah satu kunci keberhasilan proses diet yang sedang kita jalani. Olahraga akan membantu tubuh membakar lemak dan menjaga tubuh agar tetap bugar.

Walaupun olahraga sebagai kunci utama keberhasilan diet, kamu harus mengatur jadwal olahraga harian. Banyak orang yang salah anggapan bahwa olahraga satu harian penuh penuh dapat membuat proses diet lebih cepat. Sebaliknya, olahraga yang berlebihan dapat mengakibatkan efek kejut terhadap tubuh dan membahayakan kesehatan tubuh kita.

  1. Mengonsumsi ramuan dan obat diet sembarangan

Saat diet belum membuahkan hasil yang signifikan, seseorang sering menggunakan alternatif dengan meminum ramuan dan obat diet. Mengonsumsi ramuan dan obat diet tentunya harus berdasarkan rekomendasi dan konsultasi dengan dokter.

Ketika meminum ramuan dan obat diet sembarangan, maka kita harus siap menerima konsekuensi efek samping. Bukannya malah membuat dietmu berhasil dan sehat, tubuhmu malah bisa lemas dan sakit. Pokoknya, bahaya banget, apalagi kalau obat diet yang diminum hanya racikan orang yang diperjualbelikan secara bebas.

Itulah tadi lima kesalahan dalam melakukan diet yang bisa membuatmu sakit. Jadi, kalau mau diet, pastikan pilih metode yang tepat untuk tubuhmu dan jangan memaksakan diri. Ingatlah bahwa kesehatanmu harus menjadi prioritas nomor satu! (*)

Editor: Yusva Alam

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *