Waspada! Ini Bahayanya Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

 Waspada! Ini Bahayanya Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

Selama anda menjalani ibadah puasa, siklus tidur anda pasti akan terganggu. Hal ini karena, anda harus banggun lebih pagi untuk melakukan santap sahur. Biasanya karena didorong rasa kantuk yang sangat. Kemudian, setelah makan sahur anda lebih memilih kembali melanjutkan tidur. Namun, tahukah anda kalau tidur sesudah sahur itu memberikan dampak buruk bagi tubuh. Maka dari itu, anda harus tahu bahayanya jika langsung tidur setelah sahur.

Waspada! Ini Bahayanya Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

gulfnews.com

Ketahui Bahayanya Jika Langsung Tidur Setelah Sahur

Sahur merupakan salah satu sunnah dalam untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Manfaat makan sahur sebenarnya untuk membantu memberikan stamina saat anda menjalankan ibadah puasa, dari pagi hingga sore hari. Umat muslim biasanya makan sahur pada saat sepertiga ujung malam. Hal ini tentunya akan mengganggu siklus tidur, sehingga banyak orang yang memilih langsung tidur setelah melakukan santap sahur.

Namun, ternyata ada dampak buruk yang akan timbul bila anda melakukan hal ini. Agar anda tidak lagi melakukan hal tersebut, kami akan berikan informasi mengenai dampak buruk yang akan timbul kalau anda langsung tidur setelah sahur. Berikut diantaranya.

Sakit Tenggorokan

Saat anda langsung tidur setelah sahur, hal itu akan membuat asam lambung anda naik. Jika hal itu terus diulangi maka akan timbul radang tenggorokan.

Gerd

Saat tidur dengan posisi yang salah, akan membuat katup antara lambung dan tenggorokan tidak tertutup dengan sempurna. Sehingga asam lambung dapat dengan mudah naik ke tenggorokan.

Sembelit

Dengan tidur setelah makan akan menghambat pencernaan di dalam perut. Karena, butuh proses pencernaan selan 2-3 untuk dapat mencerna dengan benar.

Berat Badan Naik

Inilah salah satu penyebab, kenapa saat bulan Ramadhan, berat badan malah menjadi naik. Hal ini terjadi karena tubuh lebih banyak menyimpan lemak dibanding dengan yang dibakar. Dengan berpuasa aktivitas fisik akan berkurang sehingga lemak dalam tubuh akan menimbun.

Serangan Jantung

Anda tahu, ternyata seseorang makan berat serta langsung tidur tanpa menunggu proses pencernaan berakhir, memiliki resiko terkena serangan jantung hampir 3 kali lebih meningkatkan tekanan darah semalaman.

Nah, itulah bahayanya jika langsung tidur setelah sahur. Agar terhindar dari hal itu ada baiknya anda melakukan kegiatan yang lebih positif setelah sahur, seperti melakukan ibadah sholat subuh ke masjid, atau berolahraga kecil. Semoga artikel ini dapat membantu dengan baik mengenai masalah kesehatan yang anda cari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *