Kenali Gejala Radang Usus

Kenali Gejala Radang Usus, Penyakit yang Diderita Najwa Shihab

Pembawa acara Najwa Shihab telah mengumumkan jika dirinya menderita gangguan usus dan menjalani perawatan di rumah sakit. Dia tidak bisa melangsungkan siaran Mata Najwa karena kondisinya tersebut. Kenali gejala radang usus seperti yang dialami Najwa lebih dini.

Penyakit seperti ini sudah umum dijumpai di kalangan masyarakat. Akan tetapi, banyak orang yang meremehkan jenis penyakit ini. Padahal bila dibiarkan begitu saja, akan membuat kondisi semakin parah bahkan mengancam nyawa.

Kenali Gejala Radang Usus

lifepack.id

Kenali Gejala Radang Usus Seperti yang Diidap Najwa Shihab

Penyakit radang usus merupakan gangguan pencernaan yang bisa menimbulkan peradangan pada saluran cerna. Termasuk diantaranya mulut, kerongkongan, perut, usus besar, kemudian usus halus.

Agar kondisi tidak memburuk, maka perlu kenali gejala radang usus beserta dengan faktor risiko agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Sakit Perut

Gejala yang paling sering terjadi dari penyakit ini adalah sakit perut. Rasa sakit timbul karena terdapat peradangan pada usus besar.

Diare 

Setelah gejala sakit perut terjadi, biasanya akan disusul dengan diare. Peradangan oleh infeksi kuman, seperti virus, bakteri atau parasit mengakibatkan diare.

BAB Berdarah dan Wasir

Buang Air Besar (BAB) berdarah biasanya akan dialami oleh penderita radang usus. Bahkan BAB akan disertai dengan nanah. BAB seperti ini menandakan jika ada luka pada saluran cerna karena peradangan.

Diare yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan wasir. Bila diare, maka saat BAB akan mengejan keras dan memaksa jantung mengalirkan banyak darah ke anus.

Sehingga membuat pembuluh darah bengkak dan pecah di sekitar anus lalu menyebabkan wasir. Akibat kebocoran tersebut, feses yang keluar dari anus membawa darah.

Penurunan Berat Badan dan Anemia

Gejala yang perlu diwaspadai adalah saat penderita mengalami penurunan berat badan dan anemia. Apabila hal ini terjadi pada anak-anak, maka dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangannya.

Penyebab Radang Usus 

Penyebab pasti radang usus belum diketahui, namun bisa saja karena diet ketat dan stress. Sistem kekebalan tubuh yang rusak sulit melawan virus dan bakteri. Untuk itu, kenali gejala radang usus sebelum menjadi penyakit yang lebih parah.

Aktivitas di Pagi Hari yang Membuat Kulitmu Sehat

Ini Aktivitas di Pagi Hari yang Membuat Kulitmu Sehat, Cantik, dan Awet Muda

Aktivitas di pagi hari yang membuat kulitmu sehat sangat penting. Terutama anda yang ingin terlihat awet muda dan segar. Karena bertambahnya usia membuat kekenyalan kulit anda mulai menurun.

Banyak cara yang dapat anda lakukan demi terlihat muda dan sehat, yakni membiasakan rutinitas yang baik untuk kulit.

Aktivitas di Pagi Hari yang Membuat Kulitmu Sehat

look-beautiful.de

Tips Aktivitas di Pagi Hari yang Membuat Kulitmu Sehat

Rutinitas yang dapat membantu anda dalam merawat kecantikan sebagai berikut

Minum Air Putih Saat Bangun Tidur

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah minum air putih setelah bangun tidur. Bangun tidur tubuh anda akan dehidrasi karena berjam-jam tidur. Air putih dapat membuang zat sisa di dalam tubuh dan membuat kulit anda menjadi lembab.

Mencuci Muka

Selanjutnya adalah cuci muka. Setelah bangun tidur wajah anda pasti berminyak dan banyak bakteri ketika tidur. Jadi cuci muka sangat penting agar kulit anda menjadi bersih dan tidak mengalami masalah. Namun sesuaikan sabun cuci muka anda dengan jenis kulit.

Hirup Udara dengan Olahraga

Aktivitas di pagi hari yang membuat kulitmu sehat adalah berolahraga. Olahraga membuat fisik dan kulit anda menjadi sehat. Udara pagi sangat bagus untuk pernapasan. Kulit anda juga akan lebih kencang dan terhindar dari penumpukan lemak.

Berjemur

Anda dapat berjemur paling lama 10-15 menit sesuai yang anda inginkan. Hal tersebut memberikan manfaat lebih karena adanya asupan vitamin D yang baik untuk kulit dan tubuh anda.

Mandi Air Dingin

Air dingin membantu anda melancarkan peredaran darah. Selain itu membuat kulit anda menjadi lebih segar, lembab, kenyal dan tidak kering.

Selain itu  badan dan kulit anda akan lebih segar dan sehat.

Menggunakan Pelembab

Selesai mandi anda sebaiknya menggunakan pelembab. Kulit rentan kering setelah mandi. Oleh karena itu anda juga harus mengembalikan elastisitas dan kesehatan kulit dengan pelembab maupun tabir surya.

Sarapan Sehat

Anda dapat sarapan yang mengandung protein. Selain itu perbanyak makanan organik, yogurt dan lainnya yang mampu memberikan tenaga dan vitamin yang cukup untuk tubuh dan kulit.

Dengan aktivitas di pagi hari yang membuat kulitmu sehat maka anda mendapatkan manfaat lebih dan awet muda.

Ingin Diet namun Diabetes, Ini Tips Menjaga Pola Makan bagi Diabetesi

Ingin Diet namun Diabetes, Ini Tips Menjaga Pola Makan bagi Diabetesi

Penderita diabetes yang sedang menjalankan diet biasanya akan sedikit mengalami kesulitan saat menentukan menu makanan. Sebab, merasa cemas kadar gula akan naik dan memperparah keadaan. Namun, ada tidak perlu khawatir sebab ada beberapa tips menjaga pola makan untuk diabetesi.

Diabetesi juga memerlukan asupan makanan. Selain itu, kadang tetap ingin menikmati berbagai macam hidangan.

Ingin Diet namun Diabetes, Ini Tips Menjaga Pola Makan bagi Diabetesi

jovee.id

Berikut Tips Menjaga Pola Makan bagi Diabetesi

Meskipun menderita diabetes, namun tetap membutuhkan nutrisi seimbang dalam diet ketat. Jadi, anda dapat mempelajari asupan makanan apa saja yang boleh dan tidaknya untuk penderita diabetes.

Ketahui Nilai Indeks Glikemik Makanan

Hal tersebut sangat penting karena dapat meningkatkan resiko gula darah semakin tinggi. Indeks glikemik merupakan takaran nilai untuk mengukur tingkat gula darah yang meningkat karena makanan.

Lonjakan gula darah akan berbahaya bagi diabetesi bila nilai indeks glikemik tinggi. Misalnya saja roti, pasta dan nasi putih mengandung indeks glikemiks tinggi.

Tingkatkan Asupan Sayur dan Buah

Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang kaya mineral, vitamin, serat dan antioksidan. Jadi, tips menjaga pola makan  untuk diabetesi dapat mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi serat dapat memperlambat pencernaan menyerap gula. Jadi para diabetesi dapat menyeimbangkan gula darah bila banyak makan sayur dan buah.

Sayuran yang bagus untuk diabetesi adalah bayam, wortel, paprika dan kubis. Sedangkan contoh buah yang banyak memiliki serat adalah pir, melon dan blueberry.

Rajin  Olahraga

Aktivitas fisik untuk penderita diabetes sangat dianjurkan. Jika mampu, maka olahraga bisa dilakukan tiga kali dalam satu minggu. Kemudian untuk durasinya adalah satu jama.

Olahraga yang dianjurkan adalah berengan, jogging, lari, senam dan bersepeda.

Untuk penderita diabetes yang mengalami obesitas sebaiknya memperhatikan cara diet yang seimbang. Sebaiknya jangan melakukan diet ekstrim, sebab akan beresiko hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah yang berlebihan.

Kondisi tersebut dapat membahayakan pasien penderita diabetes. Prinsip diet dari penderita diabetes adalah pola hidup sehat. Kemudian perhatikan tips menjaga pola makan untuk diabetesi dengan baik dan benar serta berkelanjutan.

Waktu Tidur Singkat Selama Bulan Ramadan, Ini Cara Menjaga Pola Tidur

Waktu Tidur Singkat Selama Bulan Ramadan, Ini Cara Menjaga Pola Tidur

Dengan berpuasa tubuh akan melakukan detoksifikasi secara alami. Namun bila tidak di imbangi dengan pola hidup yang sehat selama berpuasa, proses detoksifikasi dalam tubuh juga tidak akan berjalan dengan maksimal. Selain menjaga pola makan anda juga bisa mengatur pola tidur. Kami akan memberikan cara menjaga pola tidur supaya tetap segar.

Waktu Tidur Singkat Selama Bulan Ramadan, Ini Cara Menjaga Pola Tidur

Cara Menjaga Pola Tidur. Foto: Ist/Net

Cara Menjaga Pola Tidur Saat Bulan Puasa Agar Tetap Segar.

Kurangnya waktu tidur akan menyebabkan beberapa masalah, seperti sakit kepala, mood swings, gangguan fungsi kognitif, dan kenaikan berat badan. Untuk mencegah hal itu, setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatur pola tidur. Berikut diantaranya.

Memperhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Agar tetap fit dalam menjalankan puasa, tentunya anda harus rutin menjalankan sahur. Hal ini sangat penting guna penambahan energi selama berpuasa. Agar tidur anda bisa berjalan dengan lancar sebaiknya jauhi makanan yang berlemak atau olahan susu yang sulit dicerna.

Tidur Lebih Awal dari Biasanya

Cara menjaga pola tidur saat berpuasa yang kedua adalah dengan tidur lebih awal. Pada umumnya penyebab mengantuk pada pagi dan siang hari dikarenakan waktu tidur anda yang kurang. Ditambah lagi, jika anda harus menyiapkan makan sahur dan diharuskan bangun lebih pagi ketimbang anggota keluarga lainya. Karena itu, hentikanlah kebiasaan begadang agar pola tidur tetap terjaga.

Menciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Jika anda ingin puasa lancar dengan tubuh yang tetap prima, maka cobalah mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas. Jangan begadang, matikan ponsel dan televisi, jangan biarkan apapun mengganggu waktu tidur. Agar tetap merasa nyaman anda bisa mematikan lampu untuk membuat suasana  lebih tenang.

Istirahat di Siang Hari untuk Mengisi Tenaga

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan tidur siang. Ini bertujuan agar stamina anda bisa kembali sehingga anda bisa lebih positif. Anda bisa beristirahat selama 20-30 menit dalam porsi paling minim. Sedangkan waktu yang tepat melakukan tidur siang adalah jam 14.00-15.00. Karena waktu ini merupakan waktu seseorang mulai mengantuk.

Rutin Berolahraga Ringan Saat Puasa

Berolahraga tentunya sangat bermanfaat dan tidak bisa ditinggalkan jika anda ingin mendapatkan badan yang sehat dan bugar. Namun, apa berolahraga saat berpuasa bisa menyehatkan badan? Tentunya bisa, tapi jika khawatir soal rasa haus setelah berolahraga, makan lakukan olahraga ringan saja saat pagi hari, atau menjelang berbuka.

Itulah, cara menjaga pola tidur agar tetap segar saat menjalankan ibadah puasa. Tentunya hal ini akan membuat kegiatan puasa anda menjadi lebih lancar. Sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan teratur.

Pernah Dengar Flexitarian Pola Makan yang Dianut Hamish Daud, Ini Penjelasannya

Pernah Dengar Flexitarian? Pola Makan yang Dianut Hamish Daud, Ini Penjelasannya

Diet flexitarian menjadi salah satu kegemaran banyak kalangan saat ini. Pola makan yang dianut Hamish Daud ini merupakan diet vegetarian secara fleksibel. Kemudian menjadi pola makan yang trend karena menganut asupan yang seimbang dan sehat.

Sesuai dengan namanya, flexitarian berasal dari flexible dan vegetarian. Jadi, diet menekankan pola makan vegetarian dan menghindari olahan daging.

Pernah Dengar Flexitarian Pola Makan yang Dianut Hamish Daud, Ini Penjelasannya

genpi.co

Pola Makan yang Dianut Hamish Daud Flexitarian, Berikut Penjelasannya

Hamish Daud merupakan aktivis lingkungan yang selalu menjaga asupan makanannya. Jadi, tidak pernah sembarangan dalam memilihnya.

Suami dari Raisa Andriana ini memilih menu makan sehat yang tetap memiliki banyak energi untuk beraktivitas. Dia mengaku sangat menyukai sayuran, tapi tidak lantas vegetarian.

Pola makan ini adalah flexitarian. Pola tersebut memakai pendekatan vegetarian yang lebih fleksibel daripada pola makan vegetarian.

Jenis pola makan ini mengambil manfaat dari pola vegetarian, namun tidak menghilangkan produk makanan hewani.

Flexitarian adalah diet semi vegetarian, jadi makanan yang dikonsumsi berasal dari sumber nabati. Namun sesekali tetap mengkonsumsi daging dalam jumlah yang sedang.

Asupan dalam tubuh harus dibatasi secara ketat. Sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja asupan karbohidrat dan protein.

Gaya Hidup Lebih Sehat

Pola makan flexitarian memberikan perubahan gaya hidup yang sehat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini membutuhkan asupan yang seimbang untuk imunitas tubuh.

Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab banyak menu sehat dari restoran. Sekarang ini hampir seluruh restoran memberikan pilihan menu sehat.

Hamish menyatakan jika orang kemungkinan akan tertular mengkonsumsi makanan sehat. Karena makanan sederhana sekalipun bisa menjadi favorit bila cara membuatnya menarik.

Menghindari Sejumlah Resiko Penyakit

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan jika konsumsi daging merah meningkatkan resiko sakit kanker, jantung atau diabetes. Untuk itu, orang-orang dapat menghindarinya dengan pola makan sehat.

Salah satunya adalah pola makan yang dianut Hamish Daud. Flexitarian menjadi salah satu solusi terbaik. Memang resiko penyakit tidak hilang begitu saja, namun tingkat resiko lebih rendah daripada mereka yang tidak mengikuti pola flexitarian.

Heboh Swab Antigen Bekas di Medan, Ini Bahayanya Menurut Ahli

Heboh Swab Antigen Bekas di Medan, Ini Bahayanya Menurut Ahli

Kabar swab antigen bekas menjadi heboh setelah polisi menggerebek laboratorium Kimia Farma di Bandara Kualanamu. Menurut dugaan, staf dari laboratorium memakai alat tes tersebut setelah didaur ulang. Kemudian digunakan kembali untuk memeriksa calon penumpang.

Para petugas yang terkait berdalih jika sebelum menggunakan kembali alat swab test itu, mencuci dan mensterilkan dahulu. Banyak orang yang merasa geram atas kejadian ini.

Heboh Swab Antigen Bekas di Medan, Ini Bahayanya Menurut Ahli

grid.id

Bahaya Swab Antigen Bekas Menurut Ahli

Para penyidik secara komprehensif mendalami kasus penggunaan alat test antigen bekas ini. Hal tersebut telah dinyatakan oleh Kabid Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Hadi Wahyudi.

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran utama dari kejadian swat antigen bekas adalah resiko kontaminasi.  Sebab, sudah ada kejadian yang pernah dilaporkan di dunia mengenai pemakaian alat tes bekas. Namun kejadian merupakan faktor ketidak sengajaan dan tidak ada kasus infeksi karenanya.

Kemasan alat tes sekali pakai, mulai dari batangan panjang untuk mengambil sampel di belakang hidung dan tenggorok. Kemudian bagian patch cairan untuk mengetes sampel dan wadah cairan tempat mencelupkan sample.

Ketiga bagian tersebut hanya sekali pakai dan menjadi limbah medis setelah pemakaian. Selanjutnya dibuang dalam wadah plastik yang berwarna kuning. Indikasi warna kuning menunjukkan jika limbah infeksius harus segera dimusnahkan.

Bahaya pemakaian swab antigen bekas pada orang yang suspect Covid-19. Karena bisa saja virus masih berada di tubuh meskipun hasilnya negatif.

Motif Penggunaan Alat Test Bekas

Setelah polisi mengungkap praktik rapid test antigen bekas, maka dapat diketahui jika motif pelaku adalah untuk meraup keuntungan. Polisi menetapkan lima pegawai dari PT. Kimia Farma menjadi tersangka.

Praktek tersebut sudah dilakukan sejak Desember 2020. Kemungkinan keuntungan hingga saat ini sudah mencapai 1,8 miliar.

Saat menjalankan praktiknya, para tersangka mendaur ulang stik usap. Kemudian alat tersebut digunakan kembali untuk para calon penumpang lainnya.

Barang bukti sejumlah uang telah diamankan oleh petugas kepolisian. Kemudian ada juga barang bukti berupa swab antigen bekas yang digunakan para pelaku.

Selama Ramadan Sering Begadang Menunggu Sahur, Hati-Hati, Ini Risikonya

Selama Ramadan Sering Begadang Menunggu Sahur? Hati-Hati, Ini Risikonya

Begadang menunggu sahur sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Selama Ramadan 2021 ini anda memang harus bisa bangun pagi untuk melakukan sahur.

Maka dari itu penyesuaian waktu tidur juga harus bisa anda atur. Jangan sampai tidak tidur hingga pagi karena menyebabkan dampak tidak baik.

Selama Ramadan Sering Begadang Menunggu Sahur, Hati-Hati, Ini Risikonya

thenationalnews.com

Ini Resiko Begadang di Malam Hari Menunggu Sahur

Selama Ramadhan kita memang harus melakukan sahur di seperempat malam menjelang subuh. Sehingga jam tidur kita juga akan berkurang, sebab diharuskan untuk bangun.

Namun ada sebagian orang yang justru tidak tidur sama sekali dengan banyak alasan. Padahal jika itu dilakukan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk tips sehatnya, sebaiknya anda harus bisa mengatur jam tidur sebaik mungkin. Kemudian, hindari begadang malam karena tidak baik dan bisa mengganggu segala aktivitas.

Berikut ini ada beberapa resiko yang dapat anda rasakan selama begadang tiap malam.

Imunitas Tubuh Akan Menurun

Resiko dalam melakukan kegiatan seperti begadang menunggu sahur ada yang bisa anda rasakan, yaitu imunitas pada tubuh akan semakin menurun. Bahkan jika kekurangan tidur maka lebih rentan terserang oleh penyakit.

Terlebih pada sistem saraf pusat berperan penting bagi manusia. Peran terseut sebagai mengatur respon imun dalam tubuh dan dapat terganggu jika kurang tidur.

Mengganggu Konsentrasi

Apabila anda kurang istirahat di malam hari, saat berkendara ini sangat membahayakan. Karena saat puasa pastinya rasa lapar dan mengantuk itu ada.

Sehingga bisa menyebabkan konsentrasi anda hilang tak terkendali. Bahkan ini bisa menyebabkan kecelakaan dan membahayakan diri anda dan orang lain. Begitupun dengan aktivitas lainnya.

Kepala Sakit

Efek kurang tidur adalah kepala akan terasa sakit sebelah dan bisa mengganggu aktivitas anda. Salah satunya penyakit migrain yang tentunya tidak akan membuat rasa nyaman.

Terlebih ketika bulan Ramadhan seperti sekarang ini yang harus melakukan puasa dan menunggu buka untuk minum obat. Jika tidak sedang puasa anda bisa meminum obat untuk meredakan sakit.

Begadang menunggu sahur di malam hari  itu memang banyak sekali dampak buruknya. Jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat, sebaiknya hindari tidur terlalu malam apalagi sampai begadang.

Tak Hanya Segar, Berikut Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Tak Hanya Segar, Berikut Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat timun suri bagi kesehatan. Terutama pada saat Ramadan 2021, buah yang satu ini banyak dicari oleh banyak orang.

Karena selain hanya rasanya yang begitu menyegarkan, buah ini juga bisa anda jadikan sebagai minuman lebaran. Jadi tak heran jika buah ini banyak yang cari.

Tak Hanya Segar, Berikut Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

thekitchn.com

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan, Terutama Bulan Ramadan

Timun suri merupakan buah musiman yang lebih identik ketika bulan Ramadan. Pasalnya buah ini slalu hadir ketika bulan suci Ramadan tiba.

Menurut sejumlah info kesehatan, bahwa buah yang satu ini sangat baik untuk tubuh. Selain memiliki banyak kandungan, juga cocok dikonsumsi ketika menjelang berbuka puasa.

Melancarkan Pencernaan

Rasa sembelit dalam perut merupakan salah satu gangguan pada pencernaan. Salah satu solusi yang paling tepat adalah dengan mengkonsumsi timun suri. Karena terdapat kandungan serat dan air yang baik untuk sistem pencernaan.

Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat timun suri selanjutnya adalah sebagai salah satu sumber antioksidan tinggi. Terlebih saat musim pandemi seperti sekarang ini, kita harus selalu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin.

Pasalnya timun suri ini memiliki vitamin C tinggi. Lalu, juga sebagai sumber antioksidan tinggi yang mampu memperkuat dalam sistem imunitas tubuh. Sehingga akan terhindar dari berbagai penyakit.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kardiovaskuler merupakan salah satu penyakit yang berkaitan dengan gangguan jantung dan pembuluh darah. Timun suri memiliki senyawa asam linoleat yang bisa membantu dalam menurunkan penyakit jantung.

Sementara pada kandungan kaliumnya bagus dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Karena hipertensi disebabkan oleh tekanan darah normal harus memerlukan perbandingan antara kalium dan natrium yang sesuai.

Mampu Mencegah Kanker

Menurut beberapa studi, bahwa buah timun suri ini memiliki sejumlah zat anti kanker. Khasiat tersebut berasal dari senyawa saponin yang sangat ampuh. Salah satunya untuk menghambat adanya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Setelah mengetahui berbagai manfaat timun suri bagi kesehatan, mungkin anda ingin segera membeli dan mengkonsumsinya. Pasalnya buah ini sudah mulai banyak yang jual di pasaran.

Tidak Dilarang, Hukum Berhubungan Badan Saat Bulan Ramadhan

Tidak Dilarang, Ini Hukum Berhubungan Badan Saat Bulan Ramadhan

Tidak Dilarang, Hukum Berhubungan Badan Saat Bulan Ramadhan

pexels.com

Hukum berhubungan badan saat bulan Ramadhan menjadi salah satu hal yang biasanya belum diketahui. Umumnya setiap orang muslim menjalankan puasa ketika bulan Ramadhan tiba. Dalam bulan tersebut akan diuji tentang kesabarannya. Dimulai dari menahan rasa lapar dan haus, sampai dengan menahan hawa nafsu.

Lalu, selama puasa di bulan Ramadhan bagaimana ketentuan untuk suami istri dalam bersetubuh? Terlebih pada siang hari dan masih dalam keadaan berpuasa. Untuk itu, bagaimana dengan hukumnya, membatalkan puasa atau tidak?

Inilah Hukum Berhubungan Badan Saat Bulan Ramadhan

Pasutri bersetubuh ketika bulan Ramadhan tetap saja diperbolehkan, bahkan tidak akan membatalkan puasa. Namun hal tersebut jika dilakukannya pada malam hari. Pasutri dapat melakukannya sebelum waktu imsak selesai, sebab setelah itu mereka langsung bersiap-siap untuk melaksanakan sholat subuh.

Perlu anda ketahui pula, bila melakukan hubungan badan pada siang hari ketika masih menjalankan puasa. Hal tersebut bisa membatalkan puasa mereka.

Dalil Tentang Bercampur dengan Istri pada Bulan Suci

Telah dijelaskan pula dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat : 187 yang artinya “Diperbolehkan bagi kalian ketika malam hari (pada bulan Ramadhan) bercampur berhubungan badan dengan istri-istri kalian”.

Untuk penjelasan dari ayat tersebut sama halnya dengan apabila tertidur lalu bermimpi sampai dengan mengeluarkan sperma, maka tidak akan membatalkan puasanya.

Itu juga sama dengan penjelasan hadits berikut ini: Aisyah dan juga Umi Salamah berkata: “Rasulullah pada saat subuh dalam keadaan junub setelah bercampur, bukan akibat dari mimpi, beliau (Rasulullah) tidak membatalkan puasanya atau tidak pula mengqadha’nya.

Selain itu, terdapat juga hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari tentang larangan melakukan hubungan badan suami istri pada siang hari saat melakukan puasa Ramadhan. Isi ataupun kesimpulan dari hadits tersebut diantaranya:

Apabila mampu, memerdekakan seorang hamba (budak). Apabila tidak mampu, dapat melakukan puasa selama dua bulan secara terus-menerus.

Jika tidak mampu berpuasa lagi, bisa juga melakukan sedekah kepada enam puluh orang miskin. Jika masih tidak mampu juga, bisa melakukan sedekah menurut dengan kemampuannya.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai hukum berhubungan badan saat bulan Ramadhan beserta dengan dalil penjelasannya.

Panduan Merayakan Lebaran Sehat di Tengah Pandemi Corona

Panduan Merayakan Lebaran Sehat di Tengah Pandemi Corona

Panduan merayakan lebaran di tengah kondisi seperti saat ini memang perlu dipelajari oleh setiap orang. Sebaiknya tetap disiplin dan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Mulai dari menahan diri untuk tidak mudik hingga tindakan konsumtif di tengah keramaian.

Intip Panduan Merayakan Lebaran dengan Aman

Merayakan lebaran di tengah pandemi memang menjadi sebuah tantangan. Banyak hal atau keinginan yang harus ditahan karena keadaan ini. Seperti halnya ritual mudik atau pulang kampung yang biasa dilakukan setiap tahun ketika lebaran.

Lalu menahan diri untuk tidak berbelanja di lokasi ramai sehingga menimbulkan keramaian. Berikut ini beberapa panduan atau tips untuk merayakan hari raya di tengah pandemi.

Menghindari Malam Takbir

Maksud dari menghindari di sini adalah tidak mendatangi kerumunan untuk merayakan kemenangan dengan takbir. Akan tetapi, lebih baik merayakan takbir di rumah bersama dengan keluarga. Masjid di sekitar rumah tentunya menggemakan takbir lewat pengeras suara. Sehingga tetap bisa bertakbir meskipun hanya di rumah.

Menjaga Jarak Saat Shalat Idul Fitri

Panduan merayakan lebaran selanjutnya adalah menjaga jarak. Seperti hari raya sebelum-sebelumnya. Shalat Idul Fitri biasa dilakukan secara berjamaah, baik itu di masjid maupun tanah lapang. Sebelum mengikuti shalat Idul Fitri, sebaiknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Seperti berwudhu dari rumah, sehingga tidak menimbulkan kerumunan di lokasi. Gunakan masker sesuai dengan standar. Jaga jarak dengan jamaah lain serta gunakan alat ibadah pribadi.

Tidak Berjabat Tangan Langsung

Salah satu media penularan Covid-19 adalah dengan berjabat tangan. Oleh sebab itu, hindari untuk melakukan jabat tangan dengan orang lain. Jabat tangan bisa diganti dengan senyuman dan salam yang berjarak.

Jangan mengobrol terlalu lama yang bisa menyebabkan kerumunan. Selain menjaga diri dan keluarga, mempelajari panduan merayakan lebaran dengan menjaga jarak juga menjadi pemutus penyebaran Covid-19.

Silaturahmi Melalui Media Sosial

Ketika tradisi mudik dilarang, bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh atau di kampung halaman bisa memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Salah satunya adalah smartphone.

Manfaatkan aplikasi yang bisa menghubungkan dengan keluarga melalui video call. Sehingga meskipun tidak pulang kampung tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga jauh. Sesuai dengan aturan pemerintah tentang panduan merayakan lebaran.